Friday, November 25, 2016

PAYUDARA MEMBESAR PADA LAKI-LAKI (GYNECOMASTIA)

Payudara besar pada perempuan itu adalah normal dan sering sebagai tanda keseksian.  Tetapi payudara besar pada laki-laki secara medis dikenal sebagai ginekomastia bisa dianggap menggelikan.


Dalam ginekomastia, salah satu atau kedua payudara bisa membesar, dan yang satu bahkan bisa lebih besar dari yang lainya, menyebabkan asimetris payudara. Laki-laki dengan ginekomastia sering memiliki tanda lain yang kurang diperhatikan yaitu sebuah benjolan mirip kancing atau lempeng di bawah puting atau disekitar areola.


Kondisi ini terutama menyerang laki-laki yang sangat gemuk. Heranya, 70 persen anak laki-laki akan mengalami bentuk ginekomastia yang ringan pada masa pubertas. Dalam kasus ini, payudara yang membesar biasanya tanda fluktuasi hormon alami masa pubertas yang tidak berbahaya.


Ginekomastia yang berkaitan dengan hormon juga terlihat pada laki-laki dewasa merupakan suatu tanda yang secara medis disebut andropause, menopause pada laki-laki. Persis perempuan yang kehilangan esterogen ketika menua dan memasuki menopause, laki-laki kehilangan androgen.


Sekitar 1 dari 4 laki-laki dewasa dengan payudara membesar ternyata tidak punya masalah medis yang besar. Namun, pada sisanya, sebuah kasus medis bisa ditemukan. Misalnya, ginekomastia adalah tanda yang mengungkapkan sebuah kondisi ginetis yang langka yang disebut sindrom klinefelter, yang merupakan penyebab utama sterilitas pria dan bisa meningkatkan resiko kanker pada pria.


Payudara yang membesar pada laki-laki dapat pula menjadi peringatan adanya tumor pituitari, gangguan hati, atau bahkan kanker testis. Ginekomastia juga bisa menjadi reaksi terhadap satu dari berbagai macam obat yang umumnya diperuntukan bagi lelaki, termasuk obat-obatan untuk menangani kebotakan, tukak, panas dalam,tekanan darah tinggi, depresi, gagal jantung, atau masalah-masalah prostat. Atau bisa pula menandakan penggunaan dan penyalahgunaan mariyuana atau steroid.


Akhirnya, payudara yang membengkak pada laki-laki sebagaimana pada perempuan, mungkin menandakan beberapa gangguan payudara yang tidak berbahaya semacam fibroadenoma dan papiloma, tetapi hal itu juga bisa menandakan adanya kanker payudara.

 

Sumber :

Oleh   : Lia

Dikutip dari : (Joan Lebmann-Smith, Ph. D dan Jacqueline Nardi Egan, 2008 : 171-172).


Photo by :

http://healindonesia.com/wp-content/uploads/2012/06/gynecomastia.jpg

 

No comments:

Post a Comment