Tuesday, August 29, 2017

Manfaat SIMRS dalam Pelayanan Rumah Sakit Surabaya

SIMRS merupakan suatu program yang diciptakan untuk mengintegrasi sistem pelayanan dalam rumah sakit. DiSurabaya sendiri, sistem ini sudah terlaksana dengan baik di setiap rumah sakit di Surabaya.  SIMR sendiri tidak sembarangan dibentuk karena pada dasarnya memang harus mengacu pada ketetapan internasional sehingga terjamin kualitas pelayanan rumah sakit tersebut dan melindungi seluruh hak tenaga kerja dan pasien serta beberapa instansi lainnya. SIMRS tidak hanya dilihat sebagai efisensi alur manajemen di rumah sakit, namun masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari SIMRS ini. Inilah beberapa manfaat adanya SIMRS untuk beberapa rumah sakit yang ada di Surabaya :

1.    Memudahkan Proses Manajemen Rumah Sakit

Dalam proses pelayanan rumah sakit perlu adanya keselarasan informasi yang didapat dan diberikan. Informasi yang diperlukan harus cepat tersampaikan dan se-efisien mungkin. SIMRS membantu seluru tenaga medis yang berada di rumah sakit dalam mengintegrasikan beberapa bagian di rumah sakit agar saling terhubung. Sistem ini sangat bermanfaat mengingat kebutuhan pelayanan rumah sakit yang dituntut cepat dan tepat.

2.    Meningkatkan Kulitas Pelayanan

Setiap rumah sakit yang ada di Surabaya memiliki kualitas pelayanan yang berbeda-beda sehingga dengan adanya SIMRS akan memudahkan setiap tenaga kerja di rumah sakit Surabaya. Dengan adanya SIMRS membuat pelayanan di rumah sakit semakin cepat dan tepat tanpa perlu pencatatan ulang atau kesalahan informasi berganda. SIMRS mampu meningkatkan pelayanan rumah sakit menjadi lebih baik dan lebih tertata.

3.    Memudahkan Proses Transaksi

Dalam setiap transaksi biasnya menggunakan sistem pembukuan. Dalam sistem pembukuan ini sendiri menjadi tidak efisien karena pada buku rekapan tidak memiliki duplikasi data sehingga jika salah satu tenaga kerja membutuhkan data tersebut, maka harus mengambil buku rekapan sedangkan data keuangan dan semua proses transaksi menjadi satu dalam buku rekap. Dengan SIMRS memudahkan proses transaksi karena bersifat transparan dan dapat diakses lebih dari satu administrator.

4.    Pengendalian Stok Obat dan Alkes

Setiap rumah sakit di Surabaya perlu mendata dengan jelas barang yang harus di input dan sisa barang yang masih tersimpan. Jika tidak menggunakan SIMRS maka ada kemungkinan human error ataupun beberapa faktor lain. SIMRS memudahkan tenaga medis dalam menyusun stok pengendalian obat dan alat-alat kesehatan rumah sakit sehingga jika ada perubahan stok dapat diketahui dan masuk proses pencatatan dengan jelas.

5.    Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan

Penyususan laporan sering kali dilakukan dengan mengumpulkan berbagai rekapan data termasuk kuitansi dan nota pembayaran. Hal ini memungkinkan adanya kesalahan pencatatan sehingga dengan SIMRS dapat meminimalisir adanya kesalahan ini. Data yang masuk dalam SIMRS akan tersimpan rapi dalam database system sehingga dapat selalu memonitoring keluar masuknya keuangan karena dilakukan secara cepat dan otomatis serta mampu beradpatasi pada perubahan-perubahan ketetapan biaya yang ada di rumah sakitSurabaya.

Begitu banyak manfaat yang bisa di dapatkan dengan penggunaan SIMRS pada sistem rumah sakit. Anda bisa mendapatkan software khusus SIMRS untuk rumah sakit Surabaya hanya di MedikaPro. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi di hotline 0817-900-2047

No comments:

Post a Comment