Tuesday, August 29, 2017

Konsep Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Solo

Rumah sakit merupakan instansi perawatan kesehatan yang memberikan pelayanan terkait kesehatan dan keselamatan pasien. Dalam pelaksaannya, setiap rumah sakit memiliki sistem sebagai pondasi pelaksaan segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan rumah sakit tersebut. Pondasi tersebut dinamakan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit). Setiap rumah sakit harus memiliki SIMRS dalam pelayanannya dan bersifat transaparansi pada segala pihak. Seperti pada beberapa rumah sakit di kota Solo yang sudah mencanangkan pelaksanaan kosep SIMRS terbaru yang diberi nama Bridging System. Bridging System nantinya akan dimanfaatkan untuk mengintegrasi sistem rumah sakit yang ada dengan pelayanan asuransi kesehatan BPJS yang ada di Solo. Hal ini menunjukkan  bahwa kota Solo kini semakin meningkatkan pelayanan dalam bidang kesehatannya melalui sistem Bridging pada SIMRS tiap rumah sakit. Namun, apa yang dimaksud dengan SIMRS ?
SIMRS (Sistem Informasi Rumah Sakit) merupakan sebuah sistem yang disusun sebagai panduan dalam segala bentuk pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan. SIMRS dirancang sebagai tolak ukur kualitas pelayanan yang ada di rumah sakit dan juga memudahkan tenaga kerja dalam pelaksanaan pekerjaan masing masing. SIMRS dirancang berdasarkan Internasional System Framework Standard sehingga siap dan sudah terintegrasi dalam penanganan seluruh proses manajemen rumah sakit.
SIMRS di desain fleksible agar bisa menyersuaikan dengan kemajuan IT namun tetap menganut pada pelaksanaan yang sudah ditetapkan ISFS (Internasional System Framework Standard) sehingga software ini sangat kompleks dalam pengembangannya. Seperti SIMRS pada beberapa rumah sakit di Solo, SIMRS yang digunakan sudah berdasarkan hasil ketetapan ISFS dimana tenaga kerjanya sudah diberikan training. Nantinya, diharapkan kompleksitas yang dimiliki SIMR ini akan memberikan beberapa manfaat seperti meringankan tenaga medis dalam pengambilan keputusan, memperjelas pertanggungjawaban tugas, monitoring terhadap pelaksanaan sistem di rumah sakit, hingga memudahkan pengawasan kondisi pasien secara berkala.
Pada SIMRS sendiri terdapat istilah Balance Scorecard sebagai  pengelola kinerja manajemen, selain itu pada Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit juga tersedia beragam disiplin ilmu membidangi tata kelola aplikasi pelayanan kesehatan dan rekam medis pasien rumah sakit, dan pengelolaan berbagai bagian pada rumah sakit seperti bagian keuangan, pemasaran manajemen SDM, sistem jaringan pada rumah sakit bahkan persediaan stok di rumah sakit.
Selain pada kinerja tenaga medis, SIMRS juga menjadi penilaian mutu pelayanan  suatu rumah sakit. Di Solopenerapan Balance Scorecard difokuskan pada peningkatan kualitas pelayanan medis hingga kelengkapan alat-alat rumah sakit yang bisa ditinjau dari berbagai spesifikasi. Berikut ini spesifikasi dari SIMRS yang harus dimiliki setiap rumah sakit :
a.    Admin Sistem
Data dalam SIMRS terinput dan tersimpan dalam database administrator yang meliputi data pasien, data dokter, data karyawan, jadwal jaga dokter, daftar obat, daftar inventaris peralatan, antrian tindakan operasi. Semua tersimpan dalam database dimana nantinya akan terhubung dengan beberapa sistem lainnya
b.    Billing Sistem
Sistem ini berfungsi untuk pengelolaan tagihan pasien menginap maupun pasien rawat jalan yang di dalamnya berisi tentang data pasien dan daftar berbagai fasilitas yang digunakan pasien selama berobat di rumah sakit.
c.    Sistem Farmasi
Pada sistem ini terdapat beberapa fungsi seperti pengendalian stok obat-obatan di rumah sakit, sebagai penyimpanan obat hingga memproduksi obat untuk pasien. SIstem ini perlu dibuat tersendiri karena menyangkut dengan jumlah stok obat ataupun stok farmasi lainnya sehingga mampu memantau transaksi penjualan.
Inilah yang menjadi perhatian khusus bagi beberapa rumah sakit di Solo. Hanya pembuat software yang sudah berpengalaman yang bisa menyusun software dengan kompleksitas tinggi. Dan MedikaPro adalah solusi tepat dalam pembuatan SIMRS untuk rumah sakit terkemuka di Solo. Untuk info lebih lanjut, kunjungi www.medikapro.com

No comments:

Post a Comment