Wednesday, August 30, 2017

SIMRS Sebagai Terobosan dalam Pengelolaan Data dan Informasi untuk Rumah Sakit di Bandung

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dengan pesat, membuat sebagian instansi juga harus bisa menyesuaikan dengan keadaan yang ada, contohnya pada instansi kesehatan seperti rumah sakit di Bandung. Beberapa rumah sakit di Bandung kini telah menerapkan sistem teknologi informasi (TI) dalam pelayanan transaksinya. Salah satu sistem yang digunakan yaitu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau SIMRS. Sistem ini merupakan fitur yang yang memudahkan pengelolaan setiap unit kerja di rumah sakit dan memudahkan dalam perubahan ketetapan yang berlaku di rumah sakit Bandung. Penerapan SIMRS sendiri dinilai efektif dan efisien daalam pelaksanaan alur pelayanan di rumah sakit. Dengan diterapkannya SIMRS akan memudahkan dalam pembuatan kebijakan terkait sistem dirumah sakit serta lebih mudah juga dalam pengembangan kebijakan sistem di rumah sakit.
Khusus untuk kota Bandung, telah diterapkan sistem manajemen rumah sakit tercanggih yang diberi nama SIMRS-GOS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit -  Generic Open Source). SIMRS-GOS ini merupakan terobosan terbaru yang disarankan oleh Ditjen Kesehatan yang nantinya diharapkan dapat  dikembangkan sesuai fungsi masing-masing dan dalam setiap modifikasinya tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membayar lisensi atau gratis.
SIMRS-GOS dirancang sebagai suatu sistem software yang bersifat adapbility and fleksibility dimana kemampuan software ini adalah melakukan komunikasi melalui suatu protocol  yang telah ditetapkan dengan memanfaatkan jaringan komunikasi data sehingga seluruh bagian dalam rumah sakit yang ada di Bandung dapat terhubung anatara satu dengan lainnya. Tidaklah mudah untuk membangun suatu sistem baru di suatu instansi sehingga banyak beberapa pihak yang kurang setuju karena harus beradaptasi kembali dengan metode baru. Namun, pada dasarnya ada beberapa hal yang sering menjadi pertimbangan beberapa rumah sakit di Bandung  ketika akan membangun sebuah software SIMRS. Berikut beberapa faktor yang dipertimbangkan :
1)    Flexibility
Suatu teknologi dikatakan bagus apabila bersifat fleksible. Sifat ini diperlukan karena dunia teknologi sejatinya akan terus berkembang seiring berjalannya waktu dan software haruslah mampu beradaptasi dengan adanya perubahan-perubahan yang kelak akan terjadi di masa yang akan datang.
2)    Performance
Sebelum memilih jenis SIMRS yang akan dijalankan, sebaiknya ketahui dahulu performa atau kemampuannya. Apabila performa yang dihasilkan menyediakan kapasitas besar dengan kecepatan penyampauan informasi melalui teknologi tinggi, maka hal ini menjadi nilai lebih karena biasanya tidak semua software memiliki kemampuan maksimal seperti itu.
3)    Price
Harga menjadi pertimbangan terakhir setelah anda mendapatkan informasi mengenai spesifikasi suatu produk software. Ada baiknya untuk tidak terpaku pada harga yang murah atau tidak perlu juga kaget jika harga yang ditawarkan mahal. Mengingat kembali pada fungsi SIMRS untuk rumah sakit di Bandung, kebutuhan akan kecepatan dan ketepatan informasi memang sangat diperlukan sehingga hal ini akan mempermudah kinerja pelayanan di rumah sakit. Jika sudah merasakan banyak manfaat dari SIMRS, rasanya harga bukan lagi sesuatu untuk dipermasalahkan.
Membangun sebuah software perusahaan bukanlah hal yang sembarangan. Perlu beberapa keahlian khusus karena software yang dibangun berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penting seperti di rumah sakit Bandung. Anda bisa mendapatkan software khusus SIMRS untuk rumah sakit Bandung hanya di MedikaPro. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi di hotline 0817-900-2047

No comments:

Post a Comment