Sunday, January 8, 2017

ANTRAKS SALURAN PERNAFASAN

Ini jenis antraks yang paling jarang dan seringkali hadir bersama dengan simtom ringan bahkan tanpa gejala sama sekali. Simtom ringan mirip gejala flue biasa seperti demam, tidak enak badan, batuk-batuk ringan dan rasa sakit di dada, bahkan simtom ISPA jarang sekali muncul.

Tapi 3-6 hari kemudin, simtom ringan ini diikuti oleh sejumlah simtom berat yang cepat seperti hipoksia (tubuh seperti kekurangan oksigen sehingga lemas dan mual-mual), dipsnea (kesulitan yang berkaitan dengan mulut dan rongga bicara), suhu badan meninggi. Jika diperiksa lewat radiogram, bagian mediastinal (membran pemisah dua belahan paru-paru) akan terlihat melebar. Meningitis (rasa terbakar di dada) juga mulai sering muncul.

Tingkat kematian antraks saluran pernafasan yang tidak ditangani bisa mencapai angka 100%. Namun pemberian antiobiotik yang tepat selama masa inkubasi bisa mneurunkan tingkat kematian secara drastis mendekati jenis antraks kulit, yaitu sekitar 25%.

Kemungkinan penyebaran antraks pernafasan adalah sbb :

1.      Dengan menghirup udara dari sekitar hewan yang sudah terkontaminasi antraks saluran pernafasan ketika menggembalakan, memandikan atau mengandangkan.

2.      Dengan menghirup udara yang sudah terkontaminasi antraks dari sekitar produk hewan ternak sepertidi pejagalan, pemrosesan bulu dan tulang hewan ternak, aau lantaran kecelakaan i laboratorium.

3.      Dengan melepaskan sengaja spora-spora antrkas lewat berbagai piranti aerosol seperti kaleng semprot cat, kaleng semprot minyak wangi atau minyak rambut, bahkan lewat paket atau surat pos yang pemicu ledakanya dikontrol dari jauh.

Langkah-Langkah Pencegahan

·         Mengimunisasi individu yang beresiko tinggi terserang antraks, biasanya para pekerja laboratorium yang dipercaya menangani bacillus anthracis, dengan vaksin antraks setahun sekali. Proteksi harus lebih diutamakan untuk melawan jenis antraks saluran pencernaan ketimbang antraks saluran pernafasan.

·         Mengimunisasi komunitas pekerja yang biasanya bersentuhan dengan pengolahan hewan ternak, produk hewan ternak dan pakan hewan ternak 2-3 tahun sekali.

·         Menidik para pekerja tersebut untuk mengetahui jenis serangan antraks dan cara penanggulangannya.

·         Memastikan pola ventilasi di dalam industri pengolahan produk hewan ternak dan pakan ternak aman dan terkendali agar tidak meracuni masyarakat sekitar.

·         Mengecek dengan cermat semua produk hewan yang masuk seperti bulu, daging dan tulang sebelum diolah lebih jauh.

·         Memastikan semua pekerja tersebut menggunakan pakaian dan masker pelinung, dan memastikan tempat dan peralatan kerja tetap higienis.

·         Meminta pemerintah dan LSM, khususnya yang bekerja di divisi peternakna, kesehatan hewan dan kesehatan manusia, untuk membantu meneiti secara berkala tempat pemeliharaan hewan ternak, komunitas di sekitar peternakan, tempat pemrosesan produk hewan ternak, dan komunitas di sekiar pabrik.

·         Memberlakukan dengan tegas aturan dan sanksi hukum mengenai kesehatan yang berkaitan dengan semua hal ini.

Cara Menyembuhkan

Rekomendasi berikut ini didasrkan kepada resep-resep pemerintah AS saat menangani seragan antraks oleh teroris di tahun 2001 lewat jalur pos mereka :

1.      Penanganan awal antraks saluran pernafasan adalah resimen multi obat dari berbagai jenis siprofloksasin atau doksisiklin plus satu atau lebih unsur obat sangat peka bagi pasien.

2.      Siprofloksasin harus lebih banyak digunakan karena sudah banyak diuji coba pada hewan-hewan yang masih hidup. Sedangkan doksisiklin baru digunakan lagi jika diduga mulai muncul meningitis (rasa terbakar) lantaran kemampuan penetrasinya ke sistem saraf pusat terlalu keras.

3.      Pasien-pasien yang terserang antraks sekaligus bakteri lain, bisa menggunakan resimen multi-obat antara siprofloksasin yang menyediakan terapi yang adekuat bagi B. Anthracis dan obat lain untuk menangani patogen yang lain.

4.      Setelah fase awal berhasil menunjukan perbaikan hasil, resimen empiris obatnya diubah. Antibiotik berbasis penisilin seperti amoxilin atau asam klavulanik bisa diberikan untuk menyembuhkan pasien smpai tuntas.

5.      Penyembuhan bagi jenis antraks saluran pernafasan memakan waktu sampai 60 hari.

 

Sumber :

Oleh Lia

Dikutip dari : (Prof. Heath Kelly, Dr. Noel Bennet, Dr. Sally Murray, Kerry Ann O'Grady, 2009  : 9-14)

Photo by :

http://www.impe-qn.org.vn/impe-qn/vn/upload/info/image/1300954098609_image012.jpg

No comments:

Post a Comment