Sunday, January 8, 2017

DEMAM BERDARAH MELALUI GIGITAN NYAMUK (DEMAM KUNING)

Demam kuning adalah sejenis penyakit yang disebabkan oleh virus demam kuning (YFV, yellow Fever Virus) adalah anggota dari kelompok flavivirus. Jika serangannya ringan pasien hanya mengalami sakit kepala dan demam, atau menunjukkan gejala mirip dengue seperti menggigil dan nyeri otot. Bahkan seringkali simtomnya tidak nampak.

Namun jika penyakitnya bertambah ganas, pasien akan mengalami tiga tahapan mencolok berikut ini, yaitu :

1.      Tahap pertama : demam, menggigil, sakit punggung, nnyeri otot, lemas, lesu, muntah-muntah dan epistaksis (keluar darah dari hidung). Di hari kedua detak jantung akan melemah namun suhu demam makin tinggi. Dihari ketiga demam turun, dan pasien mengalami sedikit kelegaan.

2.      Tahap kedua : setelah 1-2 hari demam turun, tahap kedua dimulai dengan ciri hemorage (pecahnya pembuluh darah), anuria (ginjal gagal menghasilkan urin) dan delirium (rasa bingung dan linglung). Tahap ini basanya tidak memiliki waktu remisi, sehingga kondisi pasien terlihat gawat.

3.      Tahap ketiga : menunjukan perkembangan klasik seperti jaundis (kulit berwarna kuning), epistaksis, hematemesis (munah darah), melaena (keracunan darah) dan hematuria (kkencing darah). Setelah itu, tahap tiga akan diakhiri oleh albuminuria (gagal ginjal), koma dan kemudian kematian 2-3 hari.

Demam kuning adalah penyakit yang endemi di wilayah tropis, ditemukan pertama kali di amerika serikat dan afrika tengah. Namun ternyata di semua wilayah tropis dunia, yaitu negri yang dilewati garis khatulistiwa, demam kuning ini selalu muncul, khususnya di indonesia yang mendukung perkembangan virus ini.

Mode Penyebaran

Nyamuk akan menjadi terinfeksi setelah 9-12 hari menghisap darah dari tubuh manusia yang terinfeksi. Lalu jika ia menggigit lagi di hari ke-13, maka manusia lain yang tergigit akan tertular.

Penularan Antar Manusia

Darah manusia baru mengandung infeksi yang menular setelah 5 hari tergigit nyamuk. Jadi jika di hari ke-6 ada nyamuk yang menggigit individu yang terinfeksi, si nyamuk ter9infeksi juga, tapi jika nyamuk menggigit manusia di hari pertama atau kedua, si nyamuk tidak terinfeksi.

Siapapun bisa terserang demam berdarah. Namun jika pasien sembuh, dia akan memiliki kekebalan seumur hidup terhadap serangan demam berdarah. Dan bayi yang lahir masih memiliki kekebalan pasif sampai 6 bulan akibat transfer plasenta ibunya.

Cara Penanggulangannya

Langkah-langkah Pencegahan

Meminta vaksin sebagai tindakan preventif, apabila terjadi wabah atau hendak bepergian ke wilayah yang endemi demam kuning. Melindungi diri, rumah dan keluarga dari nyamuk enah dengan memasang obat anti nyamuk, mengolesi tubuh dengan krim anti nyamuk atau menutup tempat tidur dengan kelambu. Membasmi sarang nyamuk disekitar rumah dan lingkungan kampung. Membersihkan lingkungan di sekitar pusat-pusat transportasi seperti terminal, bandara, pelabuhan, stasiun agar demam kuning tidak menulari banyak penumpang dan membuat wabah muncul di banyak daerah.

Cara Menyembuhkan

Mengkarantina pasien selama 6 hari dengan terapi obat anti flavivirus. Memberikan perawatan pendukung untuk memperkuat daya tahan dan mempercepat kesembuhan. Menghindarkan orang lain dengan kontak dengan pasien lebih dulu kecuali yang bertugas merawatnya. Memberikan obat antibiotik penurun demam secepat mungkin.

Sumber :

Oleh Lia

Dikutip dari : (Prof. Heath Kelly, Dr. Noel Bennet, Dr. Sally Murray, Kerry Ann O'Grady, 2009  : 224-226)

Photo by :

http://demamberdarah.org/wp-content/uploads/2013/02/gejala-infeksi-virus-dengue.jpg

No comments:

Post a Comment