Sunday, January 8, 2017

MENGENAL ENDOMETRIOSIS

Bikin mandul perempuan modern. Ini juga penyakit perempuan modern. Tumbuh lapisan dinding rahim endometrium di luar rahim. Ada lebih sepuluh lokasi di luar rahim menjadi tempat tumbuhnya lapisan rahim yang tersasar ini. Paling sering di indung telur.

Angka endometriosis di dunia cenderung meningkat terus. Lebih banyak di derita perempuan dengan sosial-ekonomi tinggi, tidak kawin muda, lama melajang, dan memiliki sedikit anak.

Penyebab endometriosis belum sepenuhnya jelas. Diduga ada darah haid yang mengalir balik memasuki saluran telur, lalu menetas ke rongga panggul. Oleh karena dalam darah haid terkandung sel lapisan rahim endometrium yang masih hidup, maka di tempat jatuh dan tertanamnya sel inilah akan tumbuh endometriosis.

Teori lain mengatakan, fungsi indung telur yang terus-menerus berdaur sejak pertama kali haid diselingi oleh kehamilan, di duga menjadi  penyebab munculnya penyakit perempuan muda usia ini. Perempuan karier beresiko terkena.

Pada kenyataanya memang semakin banyak perempuan modern yang menunda perkawinanya sekarang ini. Itu berarti daur haid tanpa diselingi kehamilan kelompok perempuan lain berlangsung lebih panjang dibanding perempuan yang kawin muda.

Perempuan yang mengidap endometriosis, susah menjadi hamil. Kehamilan yang terjadi justru menjadi obat penyembuh penyakitnya. Maka, sebelum memasuki jenjang perkawinan, penghambat kehamilan jenis yang ini harus disembuhkan.

Apabila perempuan mengeluh nyeri haid pada saat-saat menjelang, pada hari haidnya dan beberapa hari sesudahnya, harus mencurigai kemungkinan endometriosis. Ttergantung lokasi endometriosis-nya, keluhan penyakitnya bervariasi. Selain nyeri haid, mungkin nyeri senggama (dyspareunia), atau nyeri saat buang air besar, tak jarang haid jadi banyak dan lebih sering. Demikian pula jika keluhan nyeri haid yang sudah lama, tak kunjung hamil pula, bisa jadi penyakit perempuan modern ini penyebabnya.

Dugaan adanya endometriosis yang tumbuh usus, atau kandung kemih, harus dipikirkan apabila setiap kali haid, tinja atau air seni berdarah. Itu berarti ada lapisan rahim yang ikut luruh bersama daur haid di usus atau kandung kemih.

Penyakit perempuan karier ini didiagnosa dengan melakukan peneropongan ke rongga perut dengan membuat lubang memakai alat pada dinding perut laparoscopy, dan atau peneropongsn lewat bawah culdoscopy.

Penyakit yang bikin perempuan beresiko mandul ini tidak statis, melainkan progresif menjalar lebih luas dalam hitungan tahunan. Kendati bukan penyakit ganas, namun keluhan yang dialami dan akibat kemandulanya perlu disikapi dengan arif. Biasanya penyakitnya akan menyusut sendiri setelah menopause.

Dengan memberikan obat hormon, penyakit endometriosis dapat dikendalikan. Namun, untuk kasus yang berat, dan sudah sangat meluas penjalaranya, sehingga menimbulkan penderiaan berat, perlu dipertimbangkan untuk melakukan pembedahan membuang indung telurnya.

Indung telur yang memutar daur haid dengan terbentuknya sel telur matang. Agar proses endometriosisnya terhenti, indung telurnya harus diangkat. Apabila perempuan masih menghendaki kehamilan, berumur muda, bukan indikasi membuang indung telurnya. Hanya apabila sudah tidak menghendaki punya anak lagi, indung telur dikorbankan. Adakalanya bukan saja membuang indung telur saja, melainkan mengangkat rahimnya juga (radical operation) jika endometriosisnya sudah sangat meluas kemana-mana.

Sumber :

Oleh Lia

Dikutip dari : (Dr. Handrawan Nadesul, 2010 : 134-135)

Photo by :

http://tips.penyebabpenyakit.net/wp-content/uploads/2015/12/cara-alami-menyembuhkan-kista-endometriosis.jpg

No comments:

Post a Comment