Sunday, January 8, 2017

GATAL-GATAL KEMALUAN

Gatal-gatal pada kemaluan perempuan yang sering tanpa penyebab yang jelas. Oleh karena idak ditemukan penyebabnya dan gatl-gatalnya sangat mengganggu, sehingga dilakukan pengangkatan bagian luar vagina atau vulva.

Sering kali gatal-gatal kemaluan faktor kejiwaan penyebabnya. Frustasi seks, membenci suami, dan kegagalan seks, muncul sebagai keluhan gatal-gatal yang secara fisik tidak ditemukan penyebabnya.

Gatal-gatal kemaluan lebih sering sebab gangguan lokan pada bagian luar kemaluan. Muncul jika terjadi peradangan akibat ada perlukaan disana. Mungkin sering menggaruk sebelumnya lanaran ada keputihan. Bukan tak mungkin bila ada kutu kudis kemaluan. Kita tahu kudis juga ditularkan lewat hubungan seksual  dari pasangan seks yang kudisan.

Selain itu, gatal-gatal juga terjadi gara-gara pakain dalam kelewat ketat, atau terbuat dari bahan yang bikin alergi (nylon), atau tak cocok bahan pembalutnya. Bukan tak mungkin kalau tumbuh tumor, atau keganasan disitu.

Bukan saja hanya itu penyebab  gatal-gatal kemaluan perempuan. Perempuan yang lama kekurangan gizi, anemia, mengidap TBC, alergi makanan, dan obat-obatan, juga sama mengeluh gatal-gatal disana.

Hanya dengan cara meniadakan penyebab gatal-gatalnya, keluhan yang bisa mengganggu tidur malam itu, bisa diredakan. Kebersihan kemaluan ditingkatkan dengan mencebok menggunakan air bersih, pakaian dalam tidak ketat dan terbuat dari bahan katun. Hindarkan pemakaian sabun semprot dan pengharum vagina, serta jenis obat-obatan yang dapat mengiritasi permukaan kemlauan. Pilihlah sabun bayi dan bukan sabun wangi apalagi deterjen.

Reaksi alergi jika itu penyebabnya, direndam dengan obat antihistamin. Selanjutnya jauhkan faktor pencetus alerginya, baik yang topikal (sabun, krim, pembalut, pakaian dalam), maupun yang sistemik (obat, jamu, makanan, minuman, alkohol).

Pada perempuan usia lanjut, gatal-gatal terjadi karena  perubahan lapisan luar kemaluan. Yang sama terjadi pada pengidap kencing manis. Maka, perlu dilakukan pemeriksaan gula darah juga untuk mengetahui apakah gatal-gatal kemaluanya penyakit diabetes penyebabnya.

Jangan lupa kemungkinan air cebok yang idak bersih. Kebiasaan cebok dengan air dan buka menggunakan tisu, sering menimbulkan keluhan gatal kemaluan juga. Selain sebab air ceboknya yang tercemar bibit penyakit, secara kimiawi (air leding berkaporit tinggi), sama bisa bikin gatal kemaluan juga.

Sumber :

Oleh Lia

Dikutip dari (Dr. Handrawan Nadesul, 2010 : 137-138)

Photo by :

http://gatalselangkangan.com/wp-content/uploads/2016/04/gatal-pada-alat-vital-1.jpg

No comments:

Post a Comment