Tidak bisa dipungkiri, banyaknya pasien yang menggunakan layanan kesehatan membuat sebagian orang enggan untuk berobat pada instansi pelayanan kesehatan. Banyak hal yang melatarbelakangi hal ini seperti antrean pendaftaran yang panjang, daftar tunggu yang lama hingga pengambilan resep obat juga lama. Karena hal ini sering menyebabkan penyakit atau keluhan sakit yang ada pada tubuh seseorang tidak segera terobati dan semakin parah. Pelayanan yang kurang baik ini memang seharusnya segera diperbaiki agar tidak semakin kacau. Solusi untuk permasalahan ini adalah menggunakan software SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit). SIMRS akan membuat sistem dalam rumah sakit semakin sederhana dan semakin mudah dalam alur pelayanan. Dengan menggunakan SIMRS akan menyatukan alur satu bagian rumah sakit dengan bagian lainnya secara cepat dan efisien sehingga hal ini akan meminimalisir adanya penumpukkan pasien karena kurang cepatnya informasi yang tersampaikan.
Jika suatu rumah sakit sudah menggunakan SIMRS namun masih tetap mengalami antian panjang dalam urusan administrasi, lantas bagaimana ? Mari kita cari tahu dahulu apa penyebab antrian panjang yang terjadi di rumah sakit. Sering kali antrian panjang ini terjadi pada loket yang melayani asuransi kesehatan seperti BPJS. Tentu ada solusi lain dalam penanganan masalah ini yaitu dengan cara Bridging System BPJS. Ini adalah salah satu fitur terbaru pada SIMRS dimana selain memperhatikan alur sistem pada rumah sakit, dengan Bridging System BPJS rumah sakit juga mempedulikan permasalahan pasiennya dalam hal asuransi.
Bridging System BPJS merupakan sistem yang menyatukan kedua sistem yang berbeda dimana masing-masing sistem ini memiliki teknik komputerisasi yang berbeda-beda. Dengan Bridging System BPJS banyak sekali manfaat yang dirasakan, seperti perbaikan pada sistem regristrasi, proses pelayanan rekam medik, hingga proses klaim dan pembiayaan. Semua difasilitasi oleh sistem ini dan diselaraskan dengan baik. Seperti pada proses regristrasi yang selalu memakan waktu lama dan menghabisakan ruangan karena antrian yang panjang dan menumpuk, dengan bridging system proses registrasi ini bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 3 menit, bahkan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk registrasi dengan sistem bridging ini hanya memakan waktu 1 menit saja.
Banyak manfaat lain yang bisa di dapatkan dari penggunaan Bridging System BPJS seperti berikut ini :
- Pencarian data pasien yang sudah mendaftar hanya dengan menggunakan nomor NIK, sehingga mempersingkat waktu dalam mencari data pasien
- Dapat mengetahui data kesehatan pasien dari penggunaan BPJS di rumah sakit tertentu
- Dapat mengawasi dan memonitoring sistem klaim BPJS
- Pencarian data bisa dilakuakan berdasarkan nomor rujukan ataupun nomor kartu berobat di rumah sakit tertentu
- Pencarian fasilitas kesehatan yang dilayani BPJS sesuai dengan ketentuang yang disepakati BPJS dan manajemen rumah sakit
Dan untuk mencapai manfaat-manfaat tersebut, diperlukan tim yang tepat dalam membangun sebuah sistem. Membangun sebuah software perusahaan bukanlah hal yang sembarangan. Perlu beberapa keahlian khusus karena software yang dibangun berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penting seperti di rumah sakit. Anda bisa mendapatkan software khusus SIMRS dan Bridging System BPJS untuk rumah sakit hanya di MedikaPro. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi di hotline 0817-900-2047
No comments:
Post a Comment