Friday, September 1, 2017

Penggunaan SIMRS Memajukan Kualitas Rumah Sakit Di Medan

Menjadi rumah sakit yang memiliki kualitas pelayanan terbaik tentu selalu menjadi tujuan setiap instansi kesehatan. Begitu juga dengan beberapa instansi kesehatan di Medan. Hampir seluruh rumah sakit yang ada di Medan kini berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik dan semakin meningkatkan kualitas manajemennya juga. Dan untuk menunjang impian tersebut, setiap rumah sakit perlu menerapkan suatu sistem yang berbasis IT. Dan sistem berbasis IT yang dapat di terapkan adalah SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit). SIMRS merupakan suatu sistem yang memudahkan tenaga medis dalam melakukan peningkatan kualitas pelayanan. SIMRS dapat digunakan disemua instansi kesehatan dan tidak terbatas. Dengan menggunakan SIMRS akan meminimalisir kemungkinan pengalihan hak kuasa ke vendor lain yang apalagi vendor luar negeri. SIMRS memang memiliki kompleksitas tinggi dalam penyusunannya, namun materi dari SIMRS akan lebih mudah anda pahami sebagai berikut :

a)    Data

Data merupakan suatu pokok inputan yang nantinya akan dimasukan dalam SIMRS. Data ini mengandung fakta yang sebelumnya sudah diolah dan ditetapkan sebagai suatu kondisi tertentu. Tujuan dari penggunaan SIMRS adalah untuk memudahkan tenaga medis dalam memasukkan, mencari, mennyimpan, dan merekap data yang nantinya jika suatu saat dibutuhkan, mudah untuk dicari lagi.

b)    Informasi

Berbeda dengan data, informasi merupakan sekumpulam data yang telah diolah dan memiliki banyak kegunaan. Informasi juga berfungsi untuk memberikan gambaran yang jelas terkait sutau kejadian dan nantinya bermanfaat dalam pengmabilan keputusan. Dalam SIMRS, informasi ini nantinya akan dikelompokkan berdasarkan sub-sub yang ditetapkan sehingga akan lebih mudah mencari suatu informasi hanya dengan mencari dari sub-sub tersebut.

c)    Sistem

Sistem diciptakan sebagai penentu tujuan dan gambaran jelas mengenai tujuan tersebut. Suatu sistem diciptakan berdasarkan struktur tertentu yang memberikan keterkaitab antaru satu dengan lainnya agar bisa berinteraksi dan berelasi dengan baik. SIMRS menjadi suatu sistem dengan integritas tinggi yang akan memberikan penyederhanaan alur sistem di rumah sakit sehingga tidak perlu lagi menggunakan sistem yang hanya dimengerti bagian-bagian tertentu karena dengan SIMRS setiap bagian di rumah sakit saling memahami sistem satu dan lainnya.

d)    Sistem Informasi

Sistem informasi dijalankan sebagai suatu cara untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan. Sistem informasi memiliki karakteristik yang baku dimana dalam mengelola data sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan memiliki tujuan untuk meningkatkan keuntungan instansi. Dengan menggunakan sistem informasi maka akan menghemat waktu dan biaya serta mempersingkat alur proses sehingga lebih efisien.

e)    Audit Sistem Informasi

Dalam proses mengelola informasi, perlu juga adanya sistem audit dimana fungsinya adalah untuk mengetahui perkembangan terakhir dari alur sistem informasi serta untuk memenuhi kebutuhan pelaporan dan mengembangkan lagi kebutuhan dari adanya sistem IT. Dengan audit sistem informasi juga mampu menyederhanakan laporan sebuah instansi dan hal itulah yang ditangani oleh SIMRS.

Dan untuk membangun sebuah software perusahaan bukanlah hal yang sembarangan. Perlu beberapa keahlian khusus karena software yang dibangun berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penting seperti di rumah sakit di Medan. Anda bisa mendapatkan software khusus SIMRS untuk rumah sakit di Medan hanya di MedikaPro. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi di hotline 0817-900-2047

 

No comments:

Post a Comment