Wednesday, September 13, 2017

Peranan SIMRS Dalam Meningkatkan Efisiensi Sumber daya Manusia

Peranan SIMRS Dalam Meningkatkan Efisiensi Sumber daya Manusia

Kemajuan  dibidang Teknologi Informasi yang pesat membawa perubahan secara signifikan diberbagai lini kehidupan yang mempengaruhi cara berkerja setiap Individu di berbagai Instansi/badan usaha,  dimana setiap individu ataupun intransi-instansi/badan usaha diharuskan mengikuti setiap perkembangan agar tidak tergerus oleh kemajuan teknologi.  Daya saing yang semakin  ketat, kompetitif dan global  menuntut setiap   instansi/badan usaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan serta produk. Seperti hal nya Rumah sakit yang mempunyai sistem yang besar dan kompleks, terdiri dari banyak sub sistem yang saling berkaitan satu sama lain sehingga pengelolaan rumah sakit menjadi lebih rumit, namun tetap harus memberikan pelayanan yang responsif dan efektif, dengan memanfaat teknologi informasi seperti SIMRS (Sistem Informasi Management Rumah Sakit) suatu sistem berbasis web service  yang sudah teintegrasi yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh unit kerja di rumah sakit sesuai dengan fungsi, tanggung jawab dan wewenang masing-masing dengan mendukung kerjasama, keterkaitan dan koordinasi antar bagian seluruh unit yang dapat membantu memproses dan mengintegrasikan seluruh alur pelayanan Rumah sakit dengan  lengkap yang dihubungkan secara online pada fungsi seluruh layanan rumah sakit dalam aplikasi modul dan  sistem.

SIMRS merupakan sarana pendukung yang sangat penting  untuk oprasional Rumah sakit, salah satu nya dalam hal Efisiensi sumber daya manusia, dengan sistem komputerisasi membantu setiap unit dalam memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan akurat, terutama pada pengelolaan administrasi, bagaimana SIMRS dapat membantu dalam hal penyelesaian pekerjaan-pekerjaan administrasi menjadi lebih cepat.

Beberapa contoh dalam peningkatan Efisinsi Sumber daya manusia antara lain:

-          Ketika petugas registrasi memasukkan data pasien, maka seluruh unit petugas rumah sakit dapat mengetahui secara real time data pasien yang mendaftar di bagian registrasi sehingga tidak perlu pencatatan data berkali-kali.

-          Ketika menggunakan sistem manual pengerjaan tagihan kepada pihak ke3/rekanan bisa memakan waktu hingga 1 bulan sejak pasien selesai di layani, namun dengan SIMRS bisa dilakukan 1 – 2 hari saja, dengan kecepatan ini tentunya akan meningkatkan efektfitas kerja.

-          Dalam hal akurasi data jika menggunakan sistem manual petugas harus mengecek satu demi satu seluruh transaksi tentu saja memakan waktu dan rentan terjadi kesalahan human error, tetapi dengan menggunakan SIMRS cukup dilakukan dengan membandingkan laporan antar unit yang dihasilkan oleh SIM.

-          Tanpa SIM perawat harus memasukkan data standar asuhan keperawatan secara berulang-ulang sangat memakan waktu tentunya, tetapi dengan menggunakan SIMRS perawat hanya tinggal memasukkan data diagnosa penyakit pasien dan komputer akan mencetak laporan SAK untuk ditandatangani perawat.

-          Tanpa SIM pengerjaan pelaporan sangat menyita waktu, Namun dengan Menggunakan SIMRS proses pelaporan hanya memakan waktu dalam hitungan menit.

-          Membantu meningkatkan kualitas pengambilan keputusan, karena informasi bersifat real time, akurat, Acountable,  spesifik,  dan sesuai kebutuhan.

-          Petugas Farmasi dapat mengecek stok obat-obatan secara online

-          Unit rekam medis akan sangat terbantu dalam menangani berkas rekam medis dengan SIMRS dapat dimigrasikan menjadi Rekam Medis Elektronik sehingga setiap proses dapat dilakukan secara otomatis dengan komputer.

Sumberdaya manusia merupakan aset bagi instansi/badan usaha dengan bantuan teknologi informasi seperti SIMRS kinerja dan efektifitas SDM akan meningkat, sudah tentu akan menguntungkan bagi individu itu sendiri dan Rumah sakit.

SIMRS Medikapro Bogor dikelola dan di kembangkan secara profesional oleh PT. SMS untuk mendukung perkembangan teknologi informasi di Rumah sakit-rumah sakit yang telah teruji dan digunakan di beberapa Rumah sakit. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi hotline di 0817-9002047

 

No comments:

Post a Comment