Saturday, September 23, 2017

SIMRS membantu terjalinya kerjasama yang lebih baik dengan rekanan.

Bagaimana sebuah sistem membantu meningkatkan kerjasama yang lebih baik antara rumah sakit dengan rekanan? Sistem merupakan kemajuan teknologi informasi yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai media dalam membantu proses bisnis di era digital untuk memajukan dan meningkatkan kualitas perusahaan serta meningkatkan daya saing perusahaan, salah satu sistem yang banyak digunakan dalam instansi kesehatan adalah Sistem Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan sistem yang sangat membantu proses manajemen seluruh rumah sakit, sistem terintegrasi ke seluruh unit rumah sakit meningkatkan koordinasi seluruh unit terkait, mampu memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat. 


Keunggulan dari SIMRS lainnya yaitu telah bridging dengan SEP BPJS kesehatan, tentunya sangat membantu peserta BPJS kesehatan dalam memangkas waktu mengantri, karena tidak perlu registrasi berulang kali,  pasienpun bisa mendapatkan penanganan lebih cepat. Jika sebelum adanya bridging harus registrasi ke loket BPJS yang ada di rumah sakit, lalu registrasi lagi ke sistem rumah sakit. Dengan adanya bridging sistem pasien BPJS cukup sekali registrasi pada sistem rumah sakit, kerena kedua sistem telah berkolaborasi sehingga dapat mengakses sistem BPJS kesehatan namun tetap membatasi kedua sistem sehingga kerahasiaan masing-masing sistem tetap terjaga.


Kolaborasi sistem tersebut merupakan kerjasama yang baik sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan terhadap pasien, yang akan menguntungkan kedua belah pihak yaitu rumah sakit dan BPJS kesehatan, kerjasama dengan adanya hubungan simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan antara satu pihak dengan pihak lainnya, akan sangat membantu dalam kemajuan bisnis masing-masing pihak.


Rumah sakit merupakan Instansi kesehatan yang memiliki unit kerja yang kompleks yang saling berkoordinasi antara satu unit dengan yang lain, dengan menggunakan SIMRS sangat membantu dalam pengelolaan seluruh data dan laporan, termasuk data vendor dan rekanan seperti tagihan serta hutang piutang.

Rekanan-rekanan rumah sakit anara lain:

-       Asuransi kesehatan dan BPJS kesehatan

-       Rekanan dengan Vedor penyedia obat-obatan

-       Rekanan dengan vendor penyedia peralatan medis dan non medis

-       Rekanan dengan rumah sakit-rumah sakit lain

SIMRS membantu terjalin hubungan kerjasama yang baik dengan rekanan-rekanan karena dengan sistem komputerisasi informasi yang diberikan secara real time, sehingga data-data dan laporan dapat diperoleh secara cepat, tepat dan akurat,  kemudahan akses dan koordinasi, sehingga komunikasi dua arah dengan rekanan dapat terjalin dengan  baik.


Dengan laporan yang cepat, dan akurat sehingga pemantauan invoicing dan transaksi-transaksi dapat lebih mudah dalam pengelolaannya, hal tersebut mampu mengurangi keterlambatan dalam pembayaran dan penagihan dengan rekanan, karena tidak memakan waktu dalam laporan yang dapat dilakukan secara otomatis dari sistem sehingga bisa lebih focus terhadap tenggang waktu, hutang piutang, pemantauan dateline invoice-invoice. Kelancaran dalam proses transaksi dan pembayaran akan meningkatkan kepercayaan dari rekanan sehingga kerjasama yang terjalin lebih baik dan harmonis.


Karena banyaknya keunggulan dari penggunaan SIMRS dalam pengelolaan manajemen rumah sakit, pemerintah sangat mendukung penggunaan SIMRS di rumah sakit-rumah sakit sebagai sarana untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, dukungan pemerintah tersebut tercantum dalam Peraturan Mentri Kesehatan (PMK) No 82 tahun 2013 tentang system informasi manajemen rumah sakit.


PT. Sentosa Medika Sejahtera (PT. SMS) merupakan penyedia SIMRS Medikapro yang dikelola dan di kembangkan secara profesional,  untuk melayani kebutuhan SIMRS rumah sakit-rumah sakit  swasta maupun rumah sakit umum seluruh wilayah di Indonesia.  Untuk  informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com  atau hubungi hotline di 0817-9002047

No comments:

Post a Comment