Friday, September 8, 2017

Sistem Informasi Rekam Medis, Solusi Pencatatan Medis untuk Semua Rumah Sakit

Sistem informasi rumah sakit merupakan suatu sistem yang dijalankan dengan tujuan unutuk mengelola keseluruhan informasi di rumah sakit sebagai upaya untuk peningkatan kualitas. SIMRS ini merupakan jawaban atas tuntutan kebutuhan pada era ini. Sudah bukan hal yang tabu lagi bahwa pada era ini segala hal dituntut untuk serba efektif dan efisien. Termasuk pelayanan sistem rumah sakit.

Banyak sekali pasien yang mengeluhkan sistem pelayanan yang kurang baik dan lama sehingga telat penanganan atau juga pengurusan administrasi yang rumit sehingga banyak pasien yang lebih memilih untuk tidak berobat ke rumah sakit. Sama halnya seperti pelayanan rekam medis. Banyak pasien yang mengeluhkan kurangnya efisiensi penyimpanan data pasien sehingga kurang akuratnya pemeriksaan karena beberapa informasi yang dibutuhkan tidak tersimpan dalam media tanpa batas waktu.

Untuk membernahi permasalahan tersebut, kini sudah ada Sistem Informasi Rekam Medis yang langsung terintegrasi dengan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit). Sistem ini memberikan pelayanan sesuai kebutuhan pasien dengan menyimpah record riwayat penyakit pasien selama menggunakan pelayana kesehatan di rumah sakit tersebut dan mudah di akses kembali jika dibutuhkan. Selain karena sudah menggunakan sistem komputeriasai yang canggih, sistem ini juga menjamin keamanan data pasien karena adanya pembatasan hak akses untuk menghindari penyalahgunaan data atau informasi yang tersimpan.

Karena sudah mengetahui riwayat penyakit pasien yang tersimpan, maka hal ini akan mempercepat tim medis dalam mengambil keputusan sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Sistem informasi rekam medis juga menyajikan data yang lebih mudah dibaca serta penyampaian informasi yang disediakan sangat lengkap dan akurat sehingga mampu meng-efisiensi sumber daya dan biaya dalam pemberian informasi.

Manfaat lainnya adalah dengan sistem ini juga bisa memantau pengobatan pasien bahkan setelah tidak berada di dalam rumah sakit. Bisa juga melakukan komunikasi dengan rumah sakit lain untuk memberi keputusan (sistem rujukan), untuk bukti tertulis juga mengenai suatu kejadian, mampu menjadi dasar analisa keuangan yang bisa dipercaya (karena tanpa campur tangan manusia), dan sebagai bahan pembelajaran dan penelitian.

Tidak perlu khawatir untuk kelanjutan sistem informasi rekam medis karena seiring berjalannya waktu dimasa depan, sistem ini akan tetap berpatokan pada dasar-dasar sistem yang telah diatur oleh kementrian kesehatan, yaitu :

-       Harus mampu beradaptasi dengan perkembangan manajemen sistem rumah sakit

-       Selalu menambah produktivitas layanan demi kemajuan mutu pelayanan rumah sakit

-       Semakin mengefisiensi biaya yang harus dikeluarkan rumah sakit untuk pelayanan kesehatan

-       Setiap perlakuan medis harus mampu menunjang penelitian dan mampu menunjang pelayanan kesehatan kepada masyarakat

-       Selalu memantau sistem data penyimpanan dan selalu memperbarui keamanan sistem

 

Membangun sebuah software perusahaan bukanlah hal yang sembarangan. Perlu beberapa keahlian khusus karena software yang dibangun berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penting seperti di rumah sakit. Anda bisa mendapatkan software khusus SIMRS yang sudah dilengkapi dengan Sistem Informasi Rekam Medis untuk rumah sakit hanya di MedikaPro. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi di hotline 0817-900-2047

 

 

 

No comments:

Post a Comment