Monday, September 11, 2017

Sistem Billing SIMRS, Solusi Pembayaran Transaksi Pelayanan Rumah Sakit

Peningkatan Kualitas Rumah Sakit Melalui SIMRS-GOS

Sebagai instansi yang melayani masyarakat dalam bidang kesehatan, setiap rumah sakit selalu memprioritaskan pelayanannya kepada pasien diatas segala kepentingan. Karena semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pelayanan rumah sakit, menjadikan instansi ini sebagai suatu organisasi yang memiliki kompleksitas tinggi. Dimana setiap komponen atau bagiannya terintegrasi satu sama lain dan saling mendukung. Tidak hanya sebagai melayani masyarakat, pokok tujuan lain adanya rumah sakit ini adalah berjalannya transaksi bisnis dalam bidang kesehatan. Transaksi yang dilakukan adalah melakukan pelayanan jasa oleh tenaga medis dan adanya kegiatan pembayaran administrasi oleh pasien.

Setiap melakukan proses transaksi bisnis, sebuah rumah sakit harus melengkapi sarana prasarana yang sesuai dengan ketetapan Menteri Kesehatan serta selalu mengoptimalkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Pencatatan data dan rekap laporan merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas rumah sakit. Semua diatur oleh manajemen sistem informasi yang berada di rumah sakit.

Namun, seiring pesatnya era globalisasi, banyak sekali tuntutan yang harus dipenuhi pihak rumah saki dalam memberikan pelayanan, salah satunya adalah dalam hal mengatasi antrian di rumah sakit. Sering kali beberapa rumah sakit mengalami antrian yang panjang dalam registrasi dan pengambilan obat. Selain merugikan pasien, hal ini juga merugikan pihak rumah sakit karena akan memakan waktu lama dan tidak bisa mendapat hasil yang maksimal.

Kini pemerintah memberikan solusi baru yaitu dengan pemasangan SIMRS-GOS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Generic Open Source) dimana dengan menggunakan software ini diharapkan setiap rumah sakit dapat mengatasi masalah antrian hingga masalah peng-klaiman asuransi kesehatan pasien. Syarat untuk mendapatkan software ini cukup gampang yaitu hanya dengan menyediakan infrastruktur atau bagian yang menangani TI (Teknologi Informasi) dengan SDM ahli minimal 1 orang.

Keuntungan dari penggunaan SIMRS-GOS adalah bisa melakukan pemrosesan yang berbeda. Sehingga menghindari adanya hilangnya data atau down server . Karena sistem yang terpisah ini memudahkan pasien yang akan mendaftar berobat karena tidak perlu melalui proses yang panjang dalam registrasi. Oleh karena itu, peningkatan pelayanan melalui sistem berbasis IT sangat penting untuk rumah sakit. Dengan menerapkan SIMRS-GOS tentunya akan sangat membantu pelayanan rumah sakit menjadi lebih optimal, efisien, dan lebih efektif.

Dan untuk mencapai manfaat-manfaat tersebut, diperlukan tim yang tepat dalam membangun sebuah sistem. Membangun sebuah software perusahaan bukanlah hal yang sembarangan. Perlu beberapa keahlian khusus karena software yang dibangun berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penting seperti di rumah sakit. Anda bisa mendapatkan software khusus SIMRS GOS untuk rumah sakit hanya di MedikaPro. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi di hotline 0817-900-2047

No comments:

Post a Comment