Wednesday, September 6, 2017

Tips Memilih SIMRS yang Tepat Bagi Rumah Sakit Terpercaya

Sistem merupakan suatu urutan atau alur dalam menjalankan tugas sesuai aturan dalalam batasan tertentu. Sistem selalu merujuk pada mekanisme pengerjaan dimana setiap elemen di dalamnya membutuhkan sistem sebagai 'tonggak' berjalannya suatu alur. Tanpa sistem, suatu mekanisme akan berantakan dan tidak terarah sehingga tidak bisa mecapai tujuan seperti yang telah dirumuskan sebelumnya. Sistem memberikan pedoman jelas dalam setiap langkah pengambilan keputusan.

Seperti halnya instansi yang yang bergerak dalam bidang kesehatan yaitu rumah sakit. Rumah sakit merupakan organisasi yang bertugas melayani masyarakat dalam bidang kesehatan. Namun, tidak terbatas pada pelayanan kesehatan saja. Sebuah rumah sakit juga bergerak sebagai badan usaha yang juga melayani administrasi pembayaran tagihan / billing pasien. Misi selalu menjadi rumah sakit dengan pelayanan terbaik tentu menjadi tujuan yang selalu diusahakan. Banyak cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki kulaitas pelayanan salah satunya adalah dengan memanfaatkan sistem komputerisasi yang disebut SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit). SIMRS sudah banyak digunakan oleh rumah sakit manapun, baik itu rumah sakit swasta maupun rumah sakit daerah dan rumah sakit pemerintah. SIMRS juga telah terbukti telah memberikan informasi yang cepat dan akurat dalam pelaporan.

SIMRS merupakan suatu software yang kompleks dan tidak bisa sembarangan dalam melakukan pemasanangannya di sistem manajemen rumah sakit. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk memiliih SIMRS yang tepat bagi rumah sakit anda  seperti berikut ini :

1.    Pengembangan Sistem Baru

Usahakan mencari pengembang software yang mengembangkan SIMRS menjadi baru dan tidak memiliki ketergantungan terhadap vendor atau pihak lain. Dengan mengembangkan sistem yang baru juga menguntungkan pihak rumah sakit karena jika ada update system rumah sakit tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mengupdate sistem.

2.    Sistem Sudah Teuji pada Rumah Sakit Lain

Sistem yang sudah terpercaya dan teruji dirumah sakit lain menjadi nilai lebih tersendiri karena akan menjamin sistem tersebut akan berjalan sesuai yang diharapkan dan stabil.

3.    Menyewa Sistem dari Rumah Sakit Lain

Ada kalanya tidak semua rumah sakit mempercayakan begitu saja sistem dirumah sakit, di kelola oleh SIMRS. Jika anda ingin mencoba terlebih dahulu, bisa dengan cara menyewa SIMRS dari rumah sakit lain. Hal ini menguntungkan bagi pihak rumah sakit yang menyewa karena dengan cara ini bisa langsung diimplementasikan pada sistem rumah sakit walaupun memang ada ketergantungan terhadap pihak lain.

4.    Adanya Pengawasan Berkepanjangan

Setelah SIMRS berhasil dijalankan, perlu juga dipastikan bahwa sistem yang sudah berjalan ini, akan berlangsung lama dan pengembang juga menjamin adanya perbaikan ketika terjadi pengembangan alur sistem dalam rumah sakit atau ketidak sesuaian fungsi SIMRS seperti pada perjanjian sebelumnya.

Membangun sebuah software perusahaan bukanlah hal yang sembarangan. Perlu beberapa keahlian khusus karena software yang dibangun berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penting seperti di rumah sakit. Anda bisa mendapatkan software khusus SIMRS untuk rumah sakit hanya di MedikaPro. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi di hotline 0817-900-2047

No comments:

Post a Comment