Sunday, September 17, 2017

Keuntungan SIMRS untuk pasien


Teknologi Informasi memiliki peranan yang sangat penting pada Instansi pelayanan kesehatan seperti Rumah sakit, sebagai sarana dalam meningkatkan mutu, kualitas dan kridibilitas rumah sakit baik dimata masyarakat maupun perusahaan rekanan, Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) merupakan sistem yang terintegrasi mampu memberikan informasi secara tepat dan akurat sehingga membantu bisnis rumah sakit memberikan pelayanan terbaik untuk pasien.

Keuntungan-keuntungan yang diperoleh pasien jika rumah sakit menggunakan SIMRS antara lain:

-          Penanganan terhadap pasien lebih cepat, dengan Sistim informasi manajemen efektifitas dalam pekerjaan sangat membantu petugas memberikan pelayanan yang lebih cepat, pekerjaan administrasi menjadi lebih teroganisir sehingga dapat mengurangi antrian pasien, dan pesien pun akan lebih cepat  ditangani, tentunya merupakan keuntungan bagi pasien mengurangi kejenuhan mengantri apalagi jika sedang sakit.

-          Antrtian pasien tiap unit pelayanan otomatis berdasarkan kedatangan loket.

-          Pasien hanya melakukan 1 kali registrasi, tidak perlu memberikan data berskali-kali.

-          SIMRS juga telah briding dengan sistem SEP BPJS kesehatan, hal ini  sangat membantu peserta pasien BPJS kesehatan karena cukup sekali registrasi di rumah sakit, tidak perlu registrasi di loket BPJS yang ada di rumah sakit kemudian registrasi lagi di pendaftaran rumah sakit, karena dengan bridging Sitem BPJS dengan SIMRS berskolaborasi menjadi satu sistem yang digunakan yaitu SIMRS tanpa adnya intervensi dari masing-masing sistem sehingga kerahasiaan masing-masing sistem tetap terjaga.

-          Adanya single billing statement untuk seluruh pelayanan rumah sakit, misal nya pasien yang berobat ke Dokter dan ternyata harus melakukan cek labolatorium, pembayaran yang dilakukan cukup 1 kali, tidak  perlu baberapa kali antri untuk pembayaran pelayanan dokter dan pembayaran untuk cek laboratorium.

-          SIMRS menggunakan data terpusat, seluruh data-data dalam rumah sakit dalam satu kendali, sehingga tidak akan ada nya manipulasi tarif, misalnya unit layanan tidak akan bisa mengubah tarif layanan karena unit layanan hanya bisa memasukkan jenis layanan yang diberikan.

-          Memudahkan pasien dan keluarga pasien untuk melihat kisaran biaya yang harus dibayar, karena seluruh biaya bersifat transparan sehingga bisa terlihat di layar komputer misalnya biaya tindakan dokter, biaya obat-obatan dll.

-          Dalam antrian pengambilan obat menjadi lebih cepat,  karena seluruh data obat-obatan dan stok obat dapat diketahui secara langsung, sehingga sangat membantu kinerja petugas unit tersebut dan memaksimalkan pelayanan terhadap pasien.

-          Riwayat penyakit atau pelayanan (Medical record) dikelola dan dengan mudah dapat dimunculkan sehingga memudahkan jika pasien akan melakukan perawatan berikutnya.

-          Mencegah terjadi kesalahan resep obat atau medical error, SIMRS dapat memberikan peringatan jika Dokter salah memberikan obat atau ada reaksi antar obat.

-          Kemudahan pencetakan nota pembayaran dan kuitansi sehingga dapat memangkas waktu pada unit pembayaran.

-          Pasien tidak perlu menunggu lama untuk meyelesaikan administrasi rawat inap.

-          Mengurangi kesalahan dalam dokumentasi.

-          Layanan informasi berbasis SMS untuk mengetahui jadwal dokter, registrasi no antrian pasien, dan dapat memberikan kritik dan saran.

-          Transparasi data Tidak ada manipulasi tarif/biaya dari unit pelayanan.

 

Dengan teknologi informasi SIMRS mendukung kemudahan dalam manajemen rumah sakit,  mendapatkan informasi yang cepat dan akurat sehingga meningkatkann mutu pelayanan terhadap pasien.


PT.SMS sebagai penyedia SIMRS medikapro di berbagai daerah seluruh Indonesia, untuk mendukung perkembangan teknologi informasi di Rumah sakit-rumah sakit yang telah teruji dan digunakan di beberapa Rumah sakit. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi hotline di 0817-9002047

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment