Friday, September 15, 2017

SIMRS Medikapro Tanggerang Solusi pengelolaan keuangan Rumah sakit

Pengelolaan keuangan yang baik akan mempengaruhi kemajuan suatu Instansi/badan usaha, dibutuhkan pelaporan  dan controling terhadap arus keuangan Instansi/badan usaha untuk setiap transaksi, pengeluaran dan pemasukan uang, serta laporan  profit perusahaan/Instansi disajikan dengan cepat, tepat, lengkap dan akurat. Tentunya akan memudahkan analisa keuangan dan pimpinan dalam mengambil setiap tindakan/keputusan yang akan menguntungkan perusahaan.

Disamping sumberdaya manusia yang professional tentunya diperlukan alat atau tools yang mampu membantu meningkatkan kinerja sumberdaya manusia yaitu dengan memanfaatkan Teknologi informasi.  Rumah sakit merupakan lembaga dibidang pelayanan kesehatan seluruh masyarakat  mempunyai data yang sangat kompleks  sehingga membutuhkan system yang betul- betul berkualitas dan fleksibel agar mampu dipergunakan oleh seluruh unit di rumah sakit terutama dalam unit pengelolaan keuangan. SIMRS Medikapro Tanggerang dirancang untuk menangani keseluruhan  proses informasi manajemen  rumah sakit salah satunya proses keuangan/akuntansi.  

SIMRS medikapro Tanggerang berfungsi untuk menampung dan memcatat seluruh transaksi dan kegiatan yang berhubungan dengan keuananga dirumah sakit dan menghasilkan pelaporan keuangan pada level manajemen secara tepat dan akurat.

SIMRS didukung dengan modul-modul keuangan akuntansi antara lain:

-Modul hutang

-Modul Piutang

-Modul kas bank

-Mosul budgeting

-Modul Akuntansi

Selain itu didukung oleh  flitur-fitur untuk proses keuangan/akuntansi sebagai berikut:

-Terintegrasi secara dengan sistem standar akuntansi

-Penctatan akuntansi secara accrual

-Mendukung pencatatan transaksi kas masuk dan kas keluar dengan laporan pendukungnya.

-Mendukung pencatatan hutang piutang dengan laporan pendukungnya, seperti hutang piutang jatuh tempo, histori pelunasan piutang, saldo hutang piutang

-Dukungan jurnal otomatis dan manual

-Sistim pelaporan real time sehingga laporan dapat di proses dan dicetak sewaktu-waktu tanpa menunggu proses tutup buku.

-Laporan jurnal harian, GL, Neraca saldo, laba rugi dan analisa keuangan.

-Billing sistem teritegrasi secara langsung denga sistem akuntansi.

SIMRS medikapro memiliki kebijakan data terpusat yaitu data-data yang digunakan oleh seluruh rumah sakit barada pada satu kendali. Misalnya untuk data tarif tidakan  unit layanan tidak boleh dan tidak bisa memasukkan atau mengubah tarif  pada data pasien, yang mereka masukkan hanya layanan yang diberikan kepada pasien sehingga tidak akan ada manipulasi tarif, saat pasien akan membayar, unit pelayanan dan perawatan pun tidak dapat memberikan discount, karena pengurangan discount maupun subsidi perawatan yang berhak dan mempunyai wewenang  memberikan adalah direksi rumah sakit, dengan SIMRS Direksi mengetaahui secara cepat proses dan situasi keuangan  rumah sakit, sehingga akan memudahkan dalam mengambil kebijakan-kebijakan.

Transparansi data lainnya yaitu pendapatan setiap unit layanan terlihat dari laporan harian yang selalu dilaporkan kepada direktur. Dengan demikian setiap orang dapat melihat jalannya proses transaksi dirumah sakit dan secara tidak langsung turut mengawasi proses tersebut.

Penggunaan SIMRS sangan membantu proses manajemen keuangan Rumah sakit seperti:

-SIMRS Resiko keterlambatan pembayaran atau penagihan hutang piutang bisa dikurangi

-SiMRS Memudahkan proses budgeting dan pengendalian realisasinya

-Memudahkan penyusunan perencanaan cash-flow dan pengendalian arus kas maupun bank

Disamping itu kerjasama dengan rekanan semakin terjalin baik karena pelayanan terhadap rekanan lebih meningkat dan tidak ada gantungan hutang piutang yang terlambat .

SIMRS Medikapro Tanggerang dikelola dan di kembangkan secara profesional oleh PT. Sentosa Medika Sejahtera (PT. SMS), untuk melayani kebutuhan SIMRS rumah sakit-rumah sakit  daerah Tanggerang dan sekitarnya,  untuk  informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com  atau hubungi hotline di 0817-9002047

No comments:

Post a Comment