Wednesday, September 13, 2017

SIMRS Medikapro PT. SMS solusi TI dalam meningkatkat mutu dan kualitas Rumah sakit


Sistem informasi manajemen mempunyai peranan yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing serta kompetensi utama sebuah instansi/badan usaha di era digital seperti saat ini, untuk itu dibutukan system yang betul-betul dapat membantu memaksimalkan kinerja manajemen suatu instansi/badan usaha, seperti rumah sakit yang memiliki lingkup  yang besar dan kompleks  membutuhkan system yang mampu memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat. SIMRS(Sistem  Informasi Manajement Rumah Sakit) medikapro yang dikelola oleh PT. Sentosa Medika Sejahtra (PT. SMS) menjadi solusi untuk mendukung kemajuan Teknologi infomasi untuk meningkatkan mutu, kualitas dan daya saing Rumah sakit.


SIMRS Medikapro memiliki tenaga ahli dan professional dalam pengelolaan  system informasi yang sudah digunakan di banyak Rumah sakit-rumah sakit berbagai daerah di Indonesia, baik di Rumah sakit Swasta Maupun rumah sakit umum dan daerah, telah teruji dan terperca. SIMRS medikapro didesain dengan teknologi informasi terbaru dan interface yang menarik sehingga mudah digunakan, juga telah bridging dengan SEP BPJS kesehatan sehingga mampu berkolaborasi antara dua system menjadi satu tanpa ada interpensi dari salah satu system sehingga keamanan dan kerahasiaan data masing-masing system tetap terjaga.

Keunggulan dari SIMRS Medikapro PT. SMS yaitu:

·         Mudah di gunakan

·         Menu yang sesuai dengan masing-masing peran user sehingga mempermudah pengguna.

·         Standar keamanan yang tinggi dengan enkripsi searah.

·         Pencatatan setiap pengakses.

·         Replikasi database untuk menghindari kegagalan atas resiko server yang bermasalah atau dalam masa perawatan

·         Mengikuti kaidah standard bisnis proses Rumah sakit, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Rumah sakit.

·         Proses registrasi pasien berbasis sentralisasi maupun desentralisasi.

·         Identifikasi alamat pasien dapat ditelusuri dengan bantuan aplikasi Google maps.

·         Multi Platform dapat dioprasikan di berbagai platform perangkat sehingga tidak tergantung dengan satu platform

·         Mampu mengikuti dinamika dan perkembangan organisisi

·         Telah teruji di sejumlah rumah sakit

·         Terdiri dari modul-modul aplikasi yang mampu berdiri sendiri atau berintegrasi dengan system lain

·         Gabungan aplikasi berbasis desktop dengan keunggulan yang cepat dalam berinteraksi terhadap user.

Keberhasilan suatu system ditentukan oleh dampak positif yang dihasilkan oleh system tersebut.

Faktor Keberhasilan penerapan SIMRS agar dapat diaplikasikan dengan baik  yaitu:

1.      Development master plan

Pembangunan harus dirancang dengan baik mulai dari survey awal hingga berakhirnya implementasi, faktor pengalaman dalam pembangunan menjadi hal yang penting, serta peran semua bagian dalam organisasi dalam mengsukseskan SIMRS yang akan dibangun, master plan menjadi acuan pembuatan sebuah sistem untuk jangka waktu tidak terbatas.

2.      Integrated

Integrasi antar semua bagian organisasi menjadi satu kesatuan, akan membuat sitem berjalan dengan efisien dan efektif sehingga kendala-kendala seperti redudansi, re-entry dan ketidak konsistenan dapat dihindari.

3.      Development team

Team yang membangun SIMRS harus yang sudah ahli dan berpengalaman dibidang nya, dan dibutuhkan kerjasama seluruh tim terkait dalam organisasi rumah sakit.

4.      Teknologi informasi

Dalam memilih TI sangat penting dalam pembangunan komponen-komponen TI secara umum yaitu Perangkat keras(Hardware), Perangkat lunak (Software) dan Jaringan (Network).

5.      Perubahan budaya kerja dari manual ke otomatis.

Perubahan ini tidak mudah dilakukan, perlu belajar dan menyesuaikan diri dengan sistem yang baru, kadang diperlukan keberanian, ketegasan, dan kesepakatan bersama antara pimpinan dan karyawan.

SIMRS Medikapro dikelola dan di kembangkan secara profesional oleh PT. SMS, untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi hotline di 0817-9002047

 

No comments:

Post a Comment