Tuesday, September 12, 2017

Manfaat Sistem integrasi SIMRS untuk rumah sakit


Pada artikel kali ini saya akan membahas lagi secara spesifik mengenai manfaat SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) sebagai sistem yang terintegrasi  dapat membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi serta meningkatkan pelayanan rumah sakit sehingga meningkatkan mutu, kualitas dan daya saing rumah sakit. SIMRS dapat dimanfaatkan oleh seluruh unit kerja di rumah sakit sesuai dengan fungsi, tanggung jawab dan wewenang masing-masing  unit dengan mendukung kerjasama, keterkaitan dan koordinasi antar bagian seluruh unit.

Manfaat SIMRS diantaranya:

-         Meningkatkan Efisiensi efektifitas dalam pengelolaan

-         Membangaun dan meningkatkan infrastuktur teknologi informasi

-         Standar praktek kedokteran yang baik dan benar

-         Dokumentasi yang auditable dan Accountable

-         Mendukung pemasaran jasa Rumah sakit: mutu, kecepatan, kenyamanan, kepastian dan biaya

-         Meningkatkan profesionalisme dan kinerja manajement Rumah sakit

-         Mendukug koordinasi antar bagian dalam Rumah sakit

-         Meningkatkan pelayanan rumah sakit terhadap berbagai sumber daya antara lain mitra usaha seperti pedagang besar farmasi, Instansi pemberi jaminan kesehatan karyawan, BPJS kesehatan dll.

-         Kecepatan

Manfaat yang paling dirasakan dari penggunaan SIMRS ketika di implementasikan adalah kecepatan penyelesaian pekerjaan-pekerjaan administrasi, tentusaja efektifitas dan kinerja semakin meningkat.

-         Akurasi

Dengan menggunakan SIMRS tidak perlu pengecekan satu persatu setiap transaksi cukup dengan membandingkan laporan antar unit yang dihasilkan oleh SIM, SIMRS juga dapat mencegah terjadinya duplikasi data untuk transaksi-transaksi tertentu.

-         Integrasi

Integrasi data sangat berpengaruh terhadap budaya kerja, dengan SIMRS tidak perlu lagi memasukkan data pasien di setiap unit cukup sekali saja ketika pendaftaran, hal  ini jelas mengurangi beban kerja administrasi dan menjamin konsistensi data.

-         Peningkatan pelayanan

Pengaruh yang besar dari penggunaan SIMRS juga terhadap pelayanan pasien, pasien tidak perlu lama-lama untuk menyelesaikan proses administrasi, pelayan menjadi lebih cepat dan efisien, begitupun terhadap perusahaan rekanan tagihan yang dikirimkan cukup akurat dan details sehingga memudahkan analisa mereka.

-         Peningkatan Efisiensi

Kecepatan dan akurasi data meningkat, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan administrasi berkurang sehingga karyawan lebih fokus ke pekerjaan utamanya.

-         Kemudahan pelaporan

Penyajian laporan seluruh unit dapat dilakukan dengan cepat dan akurat, sehingga lebih fokus untuk menganalisa laporan tersebut.

-         Kecepatan dalam pengambilan keputusan

Dengan menggunakan SIMRS informasi yang disajikan secara real time, bahkan dapat membuat tabulasi dari informasi tersebut sehingga informasi yang didapat sudah sangat spesifik dan sesauai kebutuhan.

-         Akurasi dan kecepatan identifikasi masalah

Berdasarkan laporan-laporan yang dihasilkan akan memberikan gambaran mengenai kinerja Rumah sakit dan jika ada hal-hal yang diluar kewajaran akan segera diketahui sehingga dapat mengidentifikasi permasalahan secara dini maka pencegahan dan penanggulangannya bisa segera di susun.

-         Kemudahan penyusunan strategi

Dengan identifikasi masalah secara dini, rumah sakit dapat menyusun strategi kedepan berdasarkan data populasi bukan lagi statistik karena SIMRS mampu memberikan data populasi dengan selang waktu tertentu dan menyajikannya, tentunya akan mempertajam strategi yang akan disusun.

-         Budaya kerja

Tidak ada lagi budaya kerja menangguhkan pekerjaan karena dengan menggunakan SIMRS diwajibkan karyawan untuk disiplin dalam pemasukan data, baik ketepatan waktu maupun kebenaran data.

-         Transparansi

Setiap unit dapat melihat jalan nya proses transaksi dan secara tidak langsung dapat mengawasi proses tersebut.

-         Koordinasi antar unit

Dengan menggunakan SIMRS setiap unit diharuskan saling berkoordinasi dengan unit lain.

-         Pemahaman Terhadap sistem

Setiap unit organisasi harus memahami aliran data dan bagaimana sistem itu bekerja.

-         Mengurangi biaya administrasi

Dengan sistem komputerisasi biaya adaministrasi dapat ditekan, dengan efisiensi kerja dan analisa yang dapat dilakukan dilayar komputer, ketika data sudah benar baru di cetak.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengeni SIMRS dan pemesanan silahkan menghubungi customer service PT. Sentosa Medika Sejahtera sebagai pengembang SIMRS yaitu Medikapro. 

No comments:

Post a Comment