Thursday, September 21, 2017

SIMRS membantu meningkatkan laba Rumah sakit


Setiap pelaku bisnis akan berorientasi kepada  omset dan  laba, semakin tinggi omset suatu bandan usaha maka peluang untuk meraup keuntungan/labapun semakin tinggi, dan pastinya badan usaha tersebut semakin maju dan berkembang, namun tidak dapat dipungkiri tingginya persaingan antara pelaku bisnis mengharuskan lebih bekerja keras lagi dalam meraih kesuksesan.


Rumah sakit sebagai instansi pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang memiliki daya saing yang sangat tinggi dari dalam maupun luar negri, sebagai contoh di Indonesia memiliki banyak rumah sakit yang besar dan berkualitas baik, namun masih banyak masyarakat yang berobat keluar negri, dan lebih mempercayakan kesehatannya untuk ditangani tenaga medis rumah sakit di luar negri walaupun harus mengeluarkan biaya yang berpuluh-puluh kali lipat lebih besar.

 

Hal ini menunjukkan kurang nya kepercayaan terhadap pelayanan kesehatan lokal, tentu saja merupakan tantangan tersendiri untuk rumah sakit-rumah sakit lokal agar mendapatkan kepercayaan dihati masyarakat dan mampu bersaing dengan rumah sakit-rumah sakit di luar negri.


Salah satu cara yang sangat penting untuk meningkatkan mutu dan kualitas selain dari tenaga medis yang ahli dan professional  adalah dengan meningkatkan mutu dan kualitas manajemen pelayanan kesehatan, dengan menerapkan system informasi manajemen rumah sakit yang berbasis computer seperti SIMRS medikapro suatu sistim yang telah terintegrasi keseluruh unit koordinasi rumah sakit untuk mendukung seluruh unit bidang terkait baik dalam bidang sarana maupun prasarana dan sumberdaya manusia.


Sistim informasi menjadi kebutuhan rumah sakit karena mampu memberikan informasi secara cepat, tepat dan akurat, sehingga membantu sumber daya manusia lebih handal dan efektif selaku penggerak dari system.

SIMRS mampu mengurangi masalah-masalah seperti antrian pasien, data-data pasien yang tidak terorganisir dengan baik, resep obat yang salah dan sebagainya.

Dengan menggunakan system, masalah –masalah tersebut dapat diatasi yang tentunya berdampak pada peningkatan  mutu pelayanan secara keseluruhan. Pelayanan terhadap pasien lebih optimal akan memberikan kepuasan untuk pasien, sehingga semakin banyak pasien yang mempercayakan kesehatan nya terdahap rumah sakit tersebut maka semakin tinggi kualitas rumah sakit, pastinya akan meningkatkan laba rumah sakit.


Perbedaan akan terasa ketika menggunakan system administrasi konvensional kesempatan memperoleh laba berkurang, akibat lemahnya koordinasi antar unit/departemen, serta tidak didukung dengan informasi yang cepat.

 

Beberapa manfaat penggunaan  SIMRS sebagai  pendukung dalam meningkatkan laba rumah sakit antara lain:

-          Sumberdaya manusia menjadi lebih efisien dan disiplin, mengurangi pekerjaan administrasi karena semua dilakukan secara oromatis dari system, datapun lebih akurat dan cepat, sumber daya manusia berkurang di bagian administrasi sehingga laba rumah sakit bertambah.

-          Tidak ada nya manupulasi tarif atau pemberian discount sembarangan yang akan mengurangi laba rumah sakit.

-          Tidak ada piutang dari rekanan yang menggantung lama, karena semua terkontrol dari jangka waktu yang telah ditetapkan.

-          Mungurangi kesalahan-kesalahan dan kehilangan data yang akan merugikan rumah sakit.

-          SIMRS dapat membaca statistic obat-obatan yang lebih diminati masyarakat, sehingga efektifitas pembelian nya menjadi lebih maximal.

-          Mengurangi filing data-data dan document yang akan memakan tempat, sehingga tempat yang lebih bisa dikelola untuk tempat lain yang lebih bermanfaat.

-          Memangkas pengeluaran kertas-kertas dan ATK.

 

SIMRS Medikapro dikelola dan di kembangkan secara profesional oleh PT. Sentosa Medika Sejahtera (PT. SMS), untuk melayani kebutuhan SIMRS rumah sakit-rumah sakit  swasta dan umum diseluruh daerah di Indonesia,  untuk  informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com  atau hubungi hotline di 0817-9002047

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment