Saturday, September 16, 2017

SIMRS Medikapro Membantu pimpinan mengambil keputusan yang cepat dan tepat

Tugas utama seorang pimpinan adalah mengambil keputusan(decision maker) sebagai proses pemilihan alternatif solusi untuk setiap permasalahan. Dalam pengambilan keputusan tidaklah mudah, harus dilakukan secara teliti, berhati-hati serta pertimbangan yang matang karena setiap keputusan yang diambil memiliki konsekuensi dan harus dipertanggung jawabkan, oleh sebab itu  pemimpin harus memiliki dasar-dasar atau pedoman tertentu dalam mengambil keputusan. Diperlukan informasi tepat seperti data-data dan laporan yang akurat dan relevan sebagai dasar pengambilan keputusan, untuk pimpinan instansi kesehatan seperti rumah sakit tersedia Sistim Informasi Manajemen Rumah sakit (SIMRS) medikapro dari PT. Sentosa medika sejahtera (PT.SMS) sebagai fasilitas pendukung informasi manajemen rumah sakit berbasis teknologi informasi yang dapat membantu pimpinan rumah sakit dalam mengambil keputusan.

Tahapan-tahapan yang harus dilakukan pimpinan rumah sakit dalam pengambilan keputusan antara lain:

1.     Mengidentifikasi permasalahan

2.     Mendevinisikan masalah,

3.     Memformulasikan dan mengembangkan alternative,

4.     Mengimplementasikan keputusan,

5.     Evaluasi keputusan.

Berdasarkan tahapan pengambilan keputusan diatas, SIMRS merupakan system komputerisasi yang memperoses dan mengintegrasikan seluruh alur kegiatan bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur untuk memperoleh administrasi secara cepat, tepat dan akurat. SIMRS digunakan oleh setiap unit rumah sakit sebagai sarana pendukung yang sangat penting, karena memberikan informasi secara real time, sehingga informasi yang diperoleh sangat spesifik, memudahkan depatemen terkait dalam membuat laporan yang diperlukan oleh pimpinan karena laporan dilakukan secara otomatis dan cepat, sehingga dapat membuat tabulasi dari informasi tersebut.  Informasi yang diperoleh menjadi sangat spesifik, tentu saja dapat meningkatkan kualitas keputusan yang diambil, dan penganbilan keputusan yang diambil bisa lebih cepat dan tepat.

Laporan-laporan yang dihasilkan SIMRS memberi gambaran dari harian kinerja rumah sakit, maka jika ada hal-hal yang tidak wajar yang berpotensi akan menimbulkan permasalahan akan mampu dideteksi dan dianalisa permasalahannya sedini mungkin.

SIMRS sangat tepat diterapkan karena Rumah sakit memiliki unit kerja yang besar dan kompleks yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain nya sehingga membutuhkan suatu sistem yang mampu membantu  seluruh proses manajemen rumah sakit dan mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, seperti SIMRS Medikapro Medan yang telah teruji dan sudah banyak diaplikasikan di rumah sakit-rumah sakit di berbagai daerah di Indonesia salah terutama di daerah Medan.

Pemerintah sangat mendukung penggunaan SIMRS di rumah sakit-rumah sakit sebagai sarana untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, dukungan pemerintah tersebut tercantum dalam Peraturan Mentri Kesehatan (PMK) No 82 tahun 2013 tentang system informasi manajemen rumah sakit, pada pasal 3 ayat (1) disebutkan bahwa pemerintah wajib menyelenggarakan SIMRS. Pada ayat (2) disebutkan bahwa SIMRS dapat menggunakan aplikasi kode sumber terbuka (open source) yang dibuat kementrian kesehatan atau aplikasi yang dibuat sendiri oleh rumah sakit.

Berdasarkan PMK diatas pemerintah sangat mendukung penggunaan SIMRS di setiap rumah sakit, namun untuk mendapatkan SIMRS dari kementrian kesehatan memiliki persyaratan-persyaratan tertentu, perawatan dan pengembangan nya pun tetap harus dilakukan oleh rumah sakit itu sendiri, sehingga banyak rumah sakit lebih memilih SIMRS dari pengembang yang lebih praktis dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit, karena setiap rumah sakit berbeda dan SIMRS medikapro bisa disesuaikan sesuai kebutuhan tiap rumah sakit.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi hotline di 0817-9002047

 

No comments:

Post a Comment