Monday, September 4, 2017

Penerapan Strategi Manajemen Sistem Tepat Guna SIMRS

Dalam pengelolaan pelayanan di sebuah instansi, tentunya akan selalu memperhatikan cara sebuah sistem bekerja di rumah sakit. Suatu sistem dikatakan berhasil dijalankan apabila memberikan efek positif terhadap suatu instansi. Sama halnya seperti salah satu instansi kesehatan yaitu rumah sakit. Dalam melakukan pelayanan kesehatan tentunya setiap rumah sakit dituntut untuk selalu melakukan regenerasi sistem dimana dalam setiap tahunnya harus mengalami perbaikan sistem. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas tenaga kerja di rumah sakit tersebut serta untuk meningkatkan mutu pelayanan semua tenaga medis kepada pasien.

Dalam meningkatkan kualitas pelayanan, instansi kesehatan seperti rumah sakit membutuhkan banyak perlengkepan yang mampu memfasilitasi segala sistem di rumah sakit. Dan untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan adanya sistem TI (Teknologi Informasi) dalam penyelarasan segala sistem yang dibutuhkan oleh rumah sakit. Dan salah satu pengembangan sistem TI yang bisa berintegrasi dengan sistem rumah sakit adalah dengan menggunakan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit).

SIMRS memberikan kemudahan dalam pengelolaan informasi yang ada di rumah sakit. SIMRS juga berfungsi sebagai acuan dalam pola sistem manajemen di rumah sakit sehingga dalam memberikan tindakan medis maupun melakukan transaksi, tidak bisa dilakukan sembarangan ataupun dengan cara sepihak. Namun, sebelum SIMRS ini bisa dijalankan, sebelumnya dilakukan terlebih dahulu analisa-analisa untuk memahami strategi apa yang cocok diberlakukan mengingat setiap rumah sakit memiliki sistem manajemen yang berbeda-beda.

Setelah melakukan analisa kebutuhan rumah sakit, dilanjutkan dengan penyusunan strategi penerapan SIMRS. Strategi ini memberikan gambaran pola dan perencanaan yang penting dalan pengambilan keputusan. Dan dalam penggunaan strategi tersebut diperlukan juga pemahaman tentang manajemen strategis dimana nantinya mampu menganalisa perubahan yang ada dalam sistem di rumah sakit dan mampu mengikutu perkembangan sehigga tidak hanya sekedar responsive terhadap perubahan namun juga mampu menciptakan teknik manajerial yang baik. Salah satu elemen dalam strategi manajemen adalah melakukan pendekatan anlitis dan kedaruratan. Hal ini sangat cocok untuk diterapkan pada sebuah instansi yang kompleks seperti rumah sakit. Inilah beberapa pola stategi yang dibutuhkan sebelum membangun SIMRS di rumah sakit:

1.    Pola Pikir (Thinking)

Strategi yang pertama adalah mengenai pola pikir dimana seorang analis akan mengamati kegiatan yang ada di rumah sakit dan menciptakan pemahaman untuk membangun sebuah sistem dengan melihat lingkungan di sekitar rumah sakit. Setelah mencoba menciptakan sebuah sistem, seorang analis software ini nantinya berusaha untuk menyatukan teknologi dengan keadaan sekitar sesuai keinginan pihak rumah sakit.

2.    Perencanaan (Planning )

Ketika sudah mengamati kondisi dan alur sistem di rumah sakit, seorang analis akan menyusun strategi perancaan yang merumuskan proses dan langkah-langkah atau tahapan yang harus dilakukan semua bagian di rumah sakit untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Biasanya strategi ini diciptakan melalui acara training dimana semua tenaga medis akan diajarkan mengenai alur sistem rumah sakit yang sudah diintegrasikan dengan SIMRS serta memberikan fasilitas dalam pengambilan keputusan oleh pihak pengelola rumah sakit sehingga nantinya dari data atau informasi yang dikumpulkan mampu menghasilkan perencanaan yang tepat serta sudah terdokumentasi.

3.    Momentum

Strategi ini diterapkan untuk mengetahui sasaran yang ada di lingkungan dan dapat dilihat dalam keseharian. Pada pembuatan SIMRS tentunya tidak bisa serta merta hanya menjadikan suatu sistem yang berfungsi membantu rumah sakit karena jika tidak di sesuaikan dengan kebutuhan maka software tersebut juga tidak berfungsi semestinya. Dengan strategi inilah dilakukan evaluasi dalam pelakasanaannya nanti. Selain itu, dengan menerapkan strategi ini juga sebagai cara untuk mengawasi kelanjutan alur sistem yang sudah disediakan.

Dan untuk mencapai manfaat-manfaat tersebut, diperlukan tim yang tepat dalam membangun sebuah sistem. Membangun sebuah software perusahaan bukanlah hal yang sembarangan. Perlu beberapa keahlian khusus karena software yang dibangun berkaitan dengan kegiatan-kegiatan penting seperti di rumah sakit. Anda bisa mendapatkan software khusus SIMRS untuk rumah sakit hanya di MedikaPro. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.medikapro.com atau hubungi di hotline 0817-900-2047

No comments:

Post a Comment