Saturday, September 17, 2016

Air Jernih Belum Tentu Baik Bagi Kesehatan


Air menjadi salah satu hal yang esensial dalam hidup manusia, tak terkecuali bagi kesehatan maupun kecantikan. Sayangnya, tidak selamanya air yang ada di sekitar kita merupakan air yang baik untuk kesehatan kita.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), menyebutkan bahwa setengah dari masyarakat Indonesia hidup dengan air yang kurang berkualitas. Hanya sekitar 29% penduduk yang memiliki akses terhadap air bersih.
Padahal, air yang kurang bersih atau tidak sehat bisa menyebabkan beberapa masalah, seperti mempercepat tanda penuaan, kulit gatal, kemerahan, berjerawat, dan rambut menjadi lebih kering atau kusut.

Air yang kurang sehat memang belum bisa ditentukan secara kasat mata. Dr. Dewi Anggeani Indra, M.Biomed mengatakan bahwa diperlukan alat khusus untuk menentukan apakah air terbebas dari bakteri, virus, dan zat-zat berbahaya seperti kaporit, kandungan mineral, dan logam yang tinggi. Bahkan air yang terlihat jernih pun belum tentu baik dikonsumsi.

Walaupun begitu, dijelaskan bahwa air yang baik adalah yang tidak berwarna, berasa, dan berbau. Terutama dari segi rasa. Apabila air itu tidak sehat, apabila dipakai untuk berkumur biasanya meninggalkan bau besi dan pahit di mulut.
 


Photo by :

No comments:

Post a Comment