Wednesday, September 14, 2016

Gangguan tidur selama masa kehamilan : Sering buang air kecil


Tak lama setelah  anda hamil, anda mungkin selalu ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Frekuensi buang air kecil yang lebih sering dari biasanya tentu banyak dialami oleh semua ibu hamil, baik itu ibu hamil pada trimester awal maupun trimester lanjut. Dan biasanya hal tersebut menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil.

Mengapa Anda mengalami hal tersebut sepanjang waktu?

Seringnya frekuensi buang air kecil pada ibu hamil disebabkan  oleh jumlah darah dalam tubuh yang meningkat secara drastis ketika Anda hamil. Sehingga menyebabkan banyaknya cairan ekstra yang diproses melalui ginjal dan berakhir di dalam kandung kemih.

Dan anda juga mungkin harus buang air kecil lebih sering pada malam  hari, terutama jika Anda mengalami pembengkakan di bagian tungkai bawah dan kaki.

Faktor besar lainnya : seiring semakin membesarnya Rahim, maka beban Rahim akan  mulai menekan kandung kemih, sehingga hal itu  mengakibatkan  Anda ingin buang air kecil lebih sering. Dan keadaan ini  akan terus berlanjut selama kehamilan Anda.

Tips untuk mengurangi frekuensi buang air kecil selama kehamilan

1.         Memenuhi kebutuhan asupan cairan lebih banyak pada siang hari dan membatasi asupan cairan pada malam hari menjelang tidur.

2.         Hindari konsumsi kopi dan teh (karena kopi dan teh dapat menyebabkan jumlah urin meningkat)

3.         Ketika Anda buang air kecil, condongkan tubuh anda ke depan agar pengosongan kandung kemih lebih optimal

4.         Menjaga penambahan berat badan selama kehamilan

 

No comments:

Post a Comment