Friday, September 16, 2016

Kata 3 Anggota Parlemen Kanada: Pelayanan Kesehatan di Kupang Mengagumkan


Tiga anggota parlemen Kanada, yakni Pam Damoff, Dr. Doug Eyolfson, dan Brenda Shanahan, bersama dengan tiga anggota Result Kanada, yakni Shelley Garham, Margarita Matias, dan Taryn Russel, mengunjungi langsung fasilitas pelayanan kesehatan ibu dan anak di Pusat Pelayanan Kesehatan Pembantu. Pelayanan ini sendiri berlokasi di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT.

Kabupaten Kupang dipilih oleh parlemen Kanada sebagai lokasi pembanding terkait sistem pelayanan kesehatan di Indonesia. Mereka ingin melihat langsung bagaimana kondisi fasilitas posyandu dan proses pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh petugas serta kader posyandu.

Ditemani oleh Bupati Kupang Ayub Titu Eki, ketiga nggota parlemen tersebut langsung menuju ke tiga lokasi pelayanan sekaligus, yaitu Posyandu Ratu, Puskesmas Tarus, dan Puskesmas Pembantu Mata Air.

Dari kunjungan tersebut, anggota parlemen Kanada menilai bahwa sistem pelayanan kesehatan pada pustu di Kabupaten Kupang sangat berbeda dengan di Kanada. Brenda Shanahan mengaku, pelayanan kesehatan di Kupang berlangsung dengan sangat baik.

Di Kanada, pelayanan kesehatan terhadap anak-anak bersifat individual. Pasien datang ke rumah sakit atau petugas kesehatan yang mendatangi pasien di rumah. Pam Damoff sebagai anggota Liberal Oakville Kanada mengaku bahwa proses pelayanan kesehatan di Kupang lebih edukatif. Ia melihat orangtua dan anak-anak balitanya datang bersama-sama ke posyandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Pam Damoff mengaku bahwa pola ini sangat mengagumkan.

Berdasarkan hasil kunjungan anggota parlemen tersebut menunjukkan, sistem pelayanan kesehatan di Indonesia sudah berjalan dengan baik hingga ke daerah yang jauh dari pusat pemerintahan.
 


Photo by :

No comments:

Post a Comment