Sunday, September 18, 2016

PERKEMBANGAN JANIN di TRIMESTER PERTAMA


-Sekilas-
Setelah terjadi pembuhan dan kemudian sel telur tersebut menempel di rahim maka bayi disebut embrio. Embrio akan terus berkembang dengan pesat, dimana tadinya besar janin hanya sebiji kacang. Detak jantungnya mulai berdetak kencang dan semakin teratur. Awal perkembangan anak anda sangat menakjubkan, mata, hidung dan mulutnya yang lucu pun mulai terbentuk.

Kehamilan 2 Minggu

Ini adalah waktu yang sangat menentukan. Sel telur dan sel sperma sekarang telah bertemu dan dalam perjalanan menuju rahimmu. Maka secepatnya kamu akan mendengar kabar bahwa kau hamil.

Kehamilan 3 Minggu

Sel telur yang ada kini berbentuk bola kecil yang disebut blastosit. Dia memiliki banyak inti sel yang cepat sekali membelah dan berkembang.

Kehamilan 4 Minggu
Di dalam rahimmu kini sang calon bayi nampak sebagai dua bagian sel. Salah satunya adalah kantung kehamilan dan bakal plasenta yang terus berkembang.

Kehamilan 5 Minggu
Mungkin saat ini kamu sudah tau kedatangan si bayi. Selamat kamu sedang hamil. Saat ini janinmu berkembang dengan sangat pesat. Kamu juga akan mengalami beberapa perubahan seperti kelelahan dan payudara yang mulai mengencang.

Kehamilan 6 Minggu
Sekarang bagian hidung, mulut dan mata mulai terbentuk. Dan kamu sendiri akan mulai merasakan morning sickness atau mual muntah dalam kehamilan.
Kehamilan 7 Minggu
Janinmu kini masih berbentuk embrio yang memiliki ekor mirip kecebong, dimana kaki dan tangan nya masih dalam tahap perkembangan.

Kehamilan 8 Minggu
Di kehamilan ini bayi mulai sebenarnya sudah mulai bisa bergerak, namun masih belum terasa kuat. Dan sebaiknya kamu mulai berfikir untuk melakukan pemeriksaan kehamilan.
Kehamilan 9 Minggu
Sekarang bayimu sudah tumbuh sepanjang 1 inci. Dia sudah hampir berbentuk seperti manusia. Yang kamu rasakan mungkin saat ini adalah ada rasa menggelitik di perutmu.

Kehamilan 10 Minggu
Sekarang bayimu telah berkembang pesat dan memiliki bagian-bagian tubuh yang penting. Organ dan jaringan yang mendukung kehidupannya telah tumbuh terstruktur.

Kehamilan 11 Minggu
Sekarang jari-jarinya nya telah tumbuh, dan ia akan mulai belajar menggerakkannya. Selain itu bakal giginya juga telah mulai muncul di daerah gusi nya.

Kehamilan 12 Minggu
Jari-jari kakinya sekarang sudah tumbuh dan bisa digerakkan, otaknya sudah mulai berkembang dan bayi akan mulai memproduksi urin karena ginjalnya telah terbentuk.

Kehamilan 13 Minggu
Ini adalah akhir trimester pertama. Bayimu kini mungkin sudah memiliki sidik jari dan panjangnya sekitar 3 inci.
Sumber : http://www.babycenter.com/pregnancy-week-by-week

Urutan gambar sesuai urutan kehamilan diatas

1 comment:

  1. Usia kehamilan di trimester 1 adalah usia awal kehamilan, dimana pada usia tersebut kondisi janin masih cukup rawan dan belum terlalu kuat. Untuk itu penting sekali bagi kita calon ibu memperhatikan perkembangan janin pada usia tersebut.

    ReplyDelete