Saturday, September 17, 2016

Cara memprediksi ovulasi

CARA MEMPREDIKSI OVULASI

Apakah Ovulasi itu
Ovulasi adalah peristiwa terlepasnya sel telur dari ovarium. Jika sel telur bertemu dengan sperma maka akan terjadi pembuahan. Saat sudah terjadi pembuhan maka Anda akan hamil.
Masa subur pada diri anda terjadi antara dua sampai tiga hari sebelum terjadi ovulasi. Jika anda sudah memgetahui masa subur anda, maka Anda dapat memperkirakan waktu yang tepat untuk berhubungan, sehingga akan memperbesar kemungkinan kehamilan yang terjadi atau mencegah kehamilan jika Anda menginginkannya. Ada beberapa cara untuk mengetahui kapan kapan tepatnya Anda ovulasi yaitu :
Metode kalender.
Ini adalah cara termudah untuk memperkirakan kapan waktu ovulasi pada diri anda. Yang harus Anda lakukan pertama-tama adalah anda harus mengingat-ingat / mengetahui hari pertama menstruasi Anda. Metode ini mungkin tidak akan berfungsi jika menstruasi Anda tidak teratur.
Setelah anda mengetahui kapan hari tersebut, kemudian hitung 12 hari kedepannya dan ditambah 4 hari. Kemungkinan Anda akan ovulasi di hari kelima. Jika Anda termasuk wanita yang memiliki siklus menstruasi 28 hari, maka kemungkinan besar anda akan ovulasi di hari ke 14. Hari pertama adalah hari pertama Anda mendapat menstruasi, dan hari ke 28 adalah hari terakhir dimana anda tidak menstruasi, dan besoknya Anda mendapat menstruasi.
Metede kedua adalah dengan mengukur suhu tubuh harian Anda dan melihat lendir vagina Anda.
Cara yang lebih akurat untuk menentukan waktu ovulasi anda adalah dengan mengukur suhu tubuh Anda setiap hari dan memperhatikan lendir vagina Anda minimal dalam dua periode. Metode ini sangat alami dan murah namun membutuhkan waktu dan kesabaran.
Jika Anda memperhatikan secara seksama Anda akan melihat polanya dan Anda bisa mengetahui kapan waktu ovulasi di bulan berikutnya. Mungkin Anda tidak merasa banyak perubahan, namun saat ovulasi suhu Basal tubuh Anda sebenarnya mengalami kenaikan dalam waktu 24 jam. Kenaikannya berkisar 0,4 derajat sampai dengan 1derajat fahrenheit. Sebaiknya anda mengukur suhu Basal ini setiap pagi.
Yang kedua adalah melihat lendir vagina. Metode ini mengharuskan Anda memperhatikan kekentalan lendir vagina anda sepanjang siklus Anda. Umumnya di sepanjang siklus, lendir vagina Anda hanya akan memproduksi sedikit lendir bahkan cenderung kering. Akan tetapi saat ovulasi, maka lendirnya akan menjadi lebih banyak dan kental. Bentuknya akan lebih kental, serta lentur seperti putih telur.
Beberapa wanita kemungkinan akan merasa kram ringan dan nyeri di daerah panggul bawah saat terjadinya ovulasi. Sensasi ini disebut mittelschmerz.

Cara yang terakhir adalah menggunakan alat tes kesuburan. Alat ini akan mengukur kesuburan Anda dari kadar hormon anda. Caranya cukup mudah dengan mencelupkan stik alat ini ke dalam urin. Tes ini bisa dilakukan dalam satu atau dua hari sebelum ovulasi. Dan jika Anda akan ovulasi maka hasilnya akan positif. Alat ini memberitahu bahwa kadar hormon luteinizing telah turun, sehingga sel telur akan terlepaskan. Harga alat ini cukup mahal, namun jika mau dapat di cari di toko obat terdekat.

No comments:

Post a Comment