Friday, September 16, 2016

Menghitung usia kehamilan

MENGHITUNG USIA KEHAMILAN

Bunda apa kah sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan. Mungkinkah diantara bunda sering bingung saat datang ke dokter kandungan dan bidan atau tenaga kesehatan lainnya mereka sering berbeda-beda dalam menentukan usia kehamilan. Semua itu disebabkan karena ada berbagai metode untuk menghitungnya.

Yang terutama dan harus ibu ingat untuk menghitung usia kehamilan adalah ibu harus mengingat-ingat kapan ibu terakhir kali menstruasi. Hal ini sangat penting untuk menyamakan hasil pemeriksaan dan dengan usia kehamilan yang sesungguhnya.

Umumnya perhitungan kehamilan adalah dari hari ibu menstruasi pertama. Bidan bahkan dokter akan menggunakan ini dulu sebagai penentu pertama. Misal ibu Ade menstruasi terakhir adalah tanggal 13 April 2016. Dia memeriksakan diri tanggal 16 September 2016. Maka usia kehamilannya saat ini adalah berkisar antara 20 Minggu. Akan tetapi saat memeriksakan diri dan dilihat dengan USG ternyata bisa menjadi satu atau dua Minggu lebih awal bahkan lebih cepat.
Hal ini tidak perlu dirisaukan. Karena saat USG dokter akan melihat besar bayi. Sedangkan penghitungan manual berdasar hari pertama menstruasi ibu.
Karena pada dasarnya bayi sebenarnya tumbuh di rahim ibu selama kurang lebih 38 Minggu. Sedangkan proses ovulasi sendiri memiliki waktu dua Minggu dari hari pertama menstruasi ibu. Maka 38 Minggu kemudian ditambah 2 Minggu. Maka usia kehamilan menjadi 40 Minggu.

Usia Kehamilan dalam Minggu, Trimester dan Bulan

Dari penjelasan di atas kita bisa melihat bahwa usia kandungan ibu Ade adalah 20 Minggu. Lalu kemudian ada yang bertanya usia kandungan ibu berapa trimester atau sudah berapa bulan? Apakah bedanya?
Kehamilan biasanya berlangsung selama 40 Minggu atau dikatakan selama 280 hari dan kemudian dibagi menjadi 3 trimester lalu dalam bulan biasanya dihitung menjadi 9 bulan sepuluh hari.
Dari contoh di atas kita bisa mengetahui usia kehamilan ibu Ade adalah 20  Minggu. Dalam trimester usia kandungannya termasuk dalam trimester ke 2 dan Bulan ke 5.
Usia kehamilan dalam trimester dibagi menjadi 3 yaitu trimester satu, trimester 2 dan trimester 3. Trimester pertama adalah usia kandungan mulai dari 0 Minggu sampai 12 Minggu. Kemudian trimester 2 mulai dari usia kandungan 13 Minggu sampai 28 minggu. Dan trimester 3 mulai dari usia kandungan 29 Minggu sampai 40 Minggu.
Lalu bagaimana mana dalam bulan. Dari contoh ibu Ade hari pertama menstruasi terakhirnya adalah tanggal 13 April 2016. Maka saat dua bulanya dihitung dari tanggal 13 Mei 2016, bulan ketiganya dari tanggal 13 Juni 2016. Dan seterusnya.
Maka mulai dari sekarang, jika ibu memeriksakan diri pada beberapa tenaga kesehatan, kemudian diketahui memiliki selisih satu dua Minggu berbeda jangan khawatir. Dan jangan bingung lagi jika ditanya soal Minggu atau trimester atau bulan keberapanya ya

No comments:

Post a Comment