Friday, September 16, 2016

Alasan Ilmiah Perempuan Menyukai Coklat


Hampir sebagian besar wanita menyukai coklat. Selain rasanya manis, coklat seringkali dijadikan sebagian simbol keromantisan. Kira-kira apa ya alasan ilmiah dibalik kesukaan wanita terhadap coklat?

1.       Kadar gula darah rendah
Ketika suasana hati sedang memburuk atau bad mood, wanita biasanya menginginkan makan coklat. Hal ini dikarenakan saat bad mood, kondisi gula darah dalam tubuh menurun. Sedangkan coklat sendiri memiliki kandungan indeks glikemik yang tinggi. Sehingga dengan begitu coklat dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, Oleh karena itu, setelah memakan coklat, perasaan kita menjadi nyaman dan membuat kita kecanduan ingin memakannya lagi.

2.       Perubahan hormon dan menstruasi
Saat menstruasi, terjadi beberapa perubahan hormon. Sebagian wanita merasa ingin makan apapun selama masa menstruasi atau sebelum menstruasi. Pilihan makanan itu salah satunya jatuh pada coklat. Beberapa pakar mengatakan bahwa hasrat untuk makan ini dipengaruhi oleh faktor psikologis.

3.       Kadar magnesium menurun saat menstruasi
Kadar magnesium tubuh wanita pun mengalami penurunan saat menstruasi. Sedangkan coklat mengandung mineral-mineral seperti magnesium yang bisa meredakan gejala PMS serta membuat mood membaik. Dark chocolate sendiri mengandung 327 mg magnesium dalam setiap 100 gram-nya.

4.       Kadar serotonin rendah
Dalam keadaan normal, tubuh manusia melepaskan neurotransmiter serotonin dimana membuat perasaan menjadi nyaman. Namun, pada wanita, kadar serotonin tersebut dapat menurun seminggu sebelum siklus haid. Selain itu, kadar serotonin ini pun menurun saat sedang stres. Hal itulah yang membuat keinginan wanita meningkat untuk memakan coklat sesaat sebelum haid maupun saat stres.

5.       Kandungan alkaloid
Terakhir, yang membuat wanita berhasrat makan coklat dan kecanduan adalah karena kandungan coklat itu sendiri. Coklat juga mengandung alkaloid seperti yang ada pada alkohol. Alkaloid inilah yang dapat membuat addictive atau ketagihan. Beberapa pakar pun meyakini bahwa coklat pun bisa menstimulasi otak seperti marijuana.

Nah, sudah tahu alasan wanita menyukai coklat kan?
 



No comments:

Post a Comment