Saturday, September 17, 2016

Wajib Punya 5 Alat Kesehatan Ini di Rumah


Kesehatan berawal dari rumah yang sehat. Selain menjaga gaya hidup dan pola makan yang baik, kita juga perlu mendeteksi secara dini faktor risiko penyakit. Tidak harus mempunyai dokter pribadi di rumah masing-masing, cukup dengan mempunyai 5 peralatan kesehatan ini, kita sudah bisa membantu mencegah atau mendeteksi dini penyakit.

Apa saja 5 alat kesehatan itu?

1. Termometer
Termometer menjadi salah satu alat yang paling wajib dipunyai. Alat ini sangat dibutuhkan saat terdapat anggota keluarga yang demam, terutama apabila memiliki bayi atau balita. Dengan alat ini, kita bisa mengetahui suhu tubuhnya dan melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasi demam tersebut.

2. Timbangan badan
Alat ini terdengar wajib terutama bagi para wanita untuk memantau berat badannya. Tidak hanya penting bagi wanita, tapi juga laki-laki. Dengan menggunakan timbangan badan, kita bisa mengontrol berat badan kita agar tetap ideal sehingga tidak berkembang menjadi obesitas.

3. Pengukur lingkar pinggang
Selain timbangan badan, pengukur lingkar pinggang juga bisa disediakan di rumah. Pasalnya, lingkar pinggang menjadi salah satu gambaran kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Disebutkan bahwa perut yang buncit dapat menimbulkan berbagai penyakit.

4. Tensimeter
Tekanan darah wajib kita periksa secara berkala. Tentunya, dengan memiliki alat sendiri di rumah akan mempermudah kita dalam memantaunya setiap saat. Karena, banyak sekali orang yang tidak sadar bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi. Padahal tekanan darah tinggi ini erat kaitannya dengan kondisi kardiovaskular.

5. Glukometer
Selain tekanan darah, kita juga wajib memeriksa gula darah secara berkala. Cara mengeceknya yaitu dengan glukometer. Alat ini sangat dibutuhkan terutama apabila terdapat anggota keluarga yang menderita diabetes mellitus.
 




No comments:

Post a Comment