Tuesday, September 20, 2016

AWAL KEHAMILAN

Saat pertama kali mengetahui Anda hamil, akan timbul rasa senang dan sedikit kekhawatiran. Dan rasanya bisa sangat bercampur aduk. Lalu jika tau sudah hamil apa yang harus kita lakukan selanjutnya?

1. Tentukan kapan taksiran kelahiran Anda.
Setelah tahu hamil, maka yang terpenting adalah mengetahui kapan Anda akan melahirkan. Dengan mengetahui kapan Anda akan melahirkan maka Anda akan memiliki banyak hal yang bisa dipersiapkan, Anda akan memahami perubahan yang terjadi dan banyak hal lagi.

2. Tentukan kepada siapa Anda akan memeriksakan diri
Sekarang Anda harus menentukan kepada siapa Anda akan memeriksakan diri, apakah kepada bidan atau dokter kandungan. Sangat penting untuk memilih dan selalu memeriksakan diri. Agar perkembangan kehamilan Anda dapat terpantau. Sebenarnya pemeriksaan bulanan cukup diperiksakan kepada bidan. Dan untuk USG dapat dilakukan 4 kali selama kehamilan. Yang pertama dan kedua pada trimester pertama dan kedua. Sedang pemeriksaan ke 3 dan 4 dilakukan pada trimester tiga.

3.Tentukan kapan Anda akan memberitahukan kehamilan anda.
Setelah tau hamil maka Anda harus memberitahukan kabar gembira i.ni. Selain kepada keluarga juga perlu diberitahukan pada teman-teman kerja Anda. Ini dilakukan agar orang-orang di sekitar Anda menjadi lebih waspada terhadap kesejahteraan Anda. Baik itu berupa perilaku, memberikan beban kerja atau untuk berbagi makanan.

4. Persiapkan tubuh dan hati Anda.
Yang di maksudkan adalah mempersiapkan diri anda. Anda akan memerlukan kesiapan hati untuk menanti kehadiran buah hati. Saat hamil juga menjadi masa diamana suasana hati dan fisik Anda dapat mudah naik turun. Kemudian akan terdapat perubahan nyata pada fisik seperti keluhan mual muntah di trimester awal, perubahan bentuk tubuh dan sebagainya.
Selain itu Anda perlu memperhatikan kesehatan tubuh dengan mulai makan-makanan yang bernutrisi, bervariasi dan bergizi. Saat hamil mungkin tidak akan semua makanan mampu memenuhi kebutuhan anda, maka pertimbangankan minum vitamin yang mengandung asam folat, zat besi, kalsium dan sebagainya. 

5. Rencanakan kebutuhan anda.
kebutuhan selama masa kehamilan juga sangat penting. Kebutuhan itu dapat Anda liat dalam sebuah daftar. Bisa saja daftar itu berisi jadwal kapan Anda akan memeriksakan diri, kebutuhan pakaian, kebutuhan obat-obatan khusus jika Anda memiliki riwayat penyakit, apakah ada upacara tertentu di daerah Anda sehubungan dengan kehamilan Anda, berolah raga, dan sebagainya.  Dan juga rencanakan kebutuhan si kecil, termasuk semua kebutuhan saat bersalin

6.Rencanakan keuangan Anda.
Setelah anda mengetahui kebutuhan apa yang Anda inginkan. Kemudian keuangan juga harus difikirkan kan. Baik selama mengandung ataupun untuk persiapan persalinan. Ada baiknya Anda menyisihkan uang untuk persalinan. Sangatlah baik jika Anda mengikuti salah satu asuransi yang menjamin seluruh biaya persalinan. Namun terkadang dalam prosesnya Anda akan membutuhkan biaya lain seperti transportasi, makan dan uang lebih jika terdapat situasi yang tidak dijamin oleh asuransi tersebut.

7. Rencanakan nama bayi anda
. Setelah semua selesai dan segera setelah bayi lahir, maka nama bayi akan menjadi topik paling hangat. Ada memang beberapa adat yang menyarankan untuk memberikan nama setelah beberapa hari, Minggu bahkan satu bulan setelah kelahiran. Karena pemberian nama hanya sekali seumur hidup maka memikirkan nama harus jauh-jauh hari. Anda bisa mempersiapkan beberapa nama untuk dipilih saat lahir. Kemudian nama juga sebaiknya bisa dipilih secepatnya untuk diberikan kepada pihak tenaga kesehatan. Karena beberapa institusi mungkin hanya dapat memberikan satu kali surat keterangan kelahiran.

Sumber gambar :sesuai urutan 1.faktaibuhamil.blogspot.com
2. MeetDoctor.com

No comments:

Post a Comment