Sunday, September 18, 2016

Pemda (Seharusnya) Perkuat Pelaksanaan BPJS Kesehatan


Terhitung  sudah 3 tahun sistem BPJS Kesehatan berjalan. Sudah banyak pula problema yang harus dihadapi dalam melaksanakan sistem BPJS.

Pelaksanaan BPJS ini seharusnya tidak terlepas dari kontribusi pemerintah daerah (pemda). Ada banyak hal yang bisa dilakukan Pemda untuk membantu menyokong pelaksanaan BPJS Kesehatan, antara lain meningkatkan ketersediaan fasilitas kesehatan, meningkatkan jumlah tenaga medis dan dokter spesialis, serta meningkatkan kapasitas alat kesehatan. Hal ini perlu dilakukan terutama rumah sakit daerah (RSUD). Sehingga, ke depannya tidak lagi ditemukan penumpukan pasien BPJS Kesehatan di rumah sakit swasta.

Selain RSUD, fasilitas kesehatan di tingkat puskesmas juga perlu ditingkatkan. Dengan begitu, hal ini akan meminimalisir jumlah pasien yang dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan. Penumpukan pasien di rumah sakit swasta akibat lambatnya pelayanan pun dapat dihindari.

Pemerintah daerah juga memiliki peran dalam langkah promotif dan preventif kesehatan, terutama melalui peran Puskesmas. Peran Puskesmas yang maksimal baik dalam pencegahan dan penanganan, tentunya dapat meningkatkan kesehatan masyarakat sekaligus menekan tingkat kunjungan pasien BPJS Kesehatan. Dengan begitu, problema seperti defisit keuangan pun tak lagi menghantui BPJS Kesehatan.

 

Photo by :
http://batampos.co.id/2016/09/17/menanti-peran-pemda-bpjs-kesehatan/

No comments:

Post a Comment