Friday, September 16, 2016

Sepuluh Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Hamil

Sepuluh Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Hamil

Bunda sedang ingin memiliki momongan? Tidak ada salahnya mempersiapkan hal - hal sebagai berikut
Bertemu dengan bidan, dokter kandungan tidaklah harus saat ibu hamil atau saat ibu akan melahirkan. Bahkan menemui mereka saat mempersiapkan kehamilan adalah hal yang penting juga. Bidan atau dokter kandungan akan memberikan saran apakah saat ini bunda sudah siap untuk hamil atau belum. Melihat apakah bunda perlu mengkonsumsi beberapa vitamin atau menambahkan atau mengurangi obat-obatan yang bunda konsumsi. Hal ini dilakukan penting karena kebanyakan obat-obatan tidak aman untuk kehamilan.
Hal lain yang akan dibicarakan adalah bagai mana pola makan, pola istirahat, bekerja dan olah raga yang perlu untuk bunda. Kemudian yang juga harus dibicarakan adalah bunda memakai atau kemungkinan besar dapat terpapar asap rokok, minum-minuman beralkohol, atau obat-obatan terlarang dan bagai mana cara menguranginya. Lalu bunda mungkin juga memerlukan imunisasi untuk kehamilan serta melakukan test untuk rubella, atau infeksi saluran kemih bahkan mungkin bunda akan dianjurkan untuk bertemu dengan dokter gigi. Mengecek tentang riwayat penyakit seperti asma, darah tinggi serta diabetes atau yang lain yang nantinya malah memberatkan ibu saat hamil
Perlunya mengevaluasi apakah pasangan Anda memiliki bawaan terhadap penyakit keturunan tertentu. Beberapa orang mungkin memiliki keluarga yang memiliki penyakit namun ia tidak mengidapnya. Misalkan seperti diabetes, asma, albino, buta warna, hemofilia, downsindrom. Hal ini perlu bunda tanyakan pada pasangan. Karena bila pasangan tidak memilikinya namun sesungguhnya ia menjadi carier atau pembawa gen tersebut. Maka jika ada, maka bunda perlu berkonsultasi agar bayi yang nanti akan lahir akan sehat.
Pastikan jika bunda mempersiapkan kehamilan minumlah asam folat setidaknya 400mg perhari. Asam folat terbukti membantu agar perkembangan janin sehat. Dan paling tidak asam folat harus terus dikonsumsi hingga trimester pertama pada kehamilan.
Penuhi kulkas ibu dengan makan makanan sehat. Sangat penting bunda menjaga asupan gizi menjelang dan saat hamil. Karena pada persiapan kehamilan juga, tubuh perlu mendapat suplai cukup. Selain untuk kesehatan badan, zat-zat penting akan disimpan dalam dinding rahim. Sehingga saat sel telur mebpelkan dirinya dalam rahim ia dapat terus tumbuh menjadi bayi yang sehat. Untuk memastikan bunda memiliki gizi cukup maka sebaiknya bunda makan 2 mangkuk buah dan 2 1/2 sayuran serta cukupi kandungan protein dan kalsium yang akan bunda butuhkan. 
Apakah berat badan bunda ideal. Mengapa harus dipertanyakan mengenai berat badan? Karena berat badan bunda akan menjadi salah satu persiapan penting saat kehamilan. Jika ibu memiliki berat badan kurang di khawatirkan bunda tidak akan menyuplai kebutuhan calon bayi bahkan yang terburuk mengancam keguguran. Karena selam hamil ibu harus menyuplai dua kebutuhan yaitu untuk tubuh bunda dan si calon buah hati. Dan bisa sangat diperparah jika bunda mengalami mual muntah berlebihan.
Namun bagai mana ceritanya jika bunda memiliki berat badan berlebih? Bagi bunda yang memiliki berat badan berlebih juga nantinya juga harus memperhatikan kesehatannya. Karena saat hamil berat badan bunda akan meningkat. Jika tidak diimbangi duit dan olah raga maka bunda bisa bertambah gemuk bahkan mengalami komplikasi lain seperti diabetes dalam kehamilan, atau darah tinggi dalam kehamilan. Berat badan berlebih juga akan dialami oleh sang bayi. Sehingga saat bersalin bunda bisa saja harus di operasi. Pasti bunda tidak mau kan? Maka dari itu perhatikan berat badan bunda juga ya
Perhatikan ikan yang bunda makan. Sebenarnya tidak hanya ikan, namun ayam, telur dan juga daging harus diperhatikannya pengolahannya. Jika tidak diperhatikannya bunda dapat terkena penyakit dari makanan yang mentah seperti cacing, atau kah terkena merkuri ataukah toksoplasma atau bakteri ecoli dan lain sebagainya. Sebaiknya bunda memasak hingga sumber protein itu matang dengan benar. Karena bunda juga memerlukan protein, vitamin D dan zat zat penting lainnya.
Rencanakan untuk tetap berolah raga. Bahkan saat hamil pun bunda harus terus berolah raga. Olah raga ringan Bangi bunda yang jarang berolah raga seperti jalan kaki, atau berenang ( lakukan di atas trimester 1) adalah salah satu pilihan yang bisa bunda pilih. Saat ini pun orang orang masih melakukan fitnes jika mereka pada masa sebelumnya sudah melakukannya. Namun tetap perhatikan kekuatan bunda dan bagai mana reaksi kehamilan bunda
Bertemulah dengan dokter gigi. Pada poin pertama bunda bisa saja dianjurkan bertemu dengan dokter gigi. Ini disebabkan saat hamil seluruh tubuh bunda akan lebih sensitif. Dan juga daerah mulut terutama gigi. Pastikan gigi bunda yang bolong sudah diobati, plak - plak yang ada sudah dibersihkan. Semua itu akan menghindarkan bunda dari rasa nyeri yang bisa saja timbul jika ada bakteri yang menyerang. Karena selama kehamilan pengobatan gigi sangatlah berbahaya. Maka sebelum bunda hamil pastikan tidak ada kelainan pada daerah gigi dan gusi bunda.
Kontrol kehamilan bunda. Yang dimaksud disini adalah bunda harus memperhatiakan apakah bunda hamil diusia yang terlalu muda (kurang dari 20 th) atau terlalu tua ( diatasi 30 tahun, beberapa referensi mengatakan diatasi 35 tahu) apakah bunda sudah melahirkan terlalu banyak anak ( perhatikan jika bunda sudah memiliki paling sedikit 2 anak saat ini) serta apakah bunda hamil dalam waktu yang berdekatan ( dalam waktu satu sampai dua tahun). Mengapa hal ini penting? Ini karena tubuh bunda diusia kurang dari 20 tahun atau di atas 30 tahun tidak terlalu siap untuk menghadapi kehamilan. Saat terlalu muda oragan-organ yang mendukung kehamilan mungkin sudah ada namun mereka belum sepenuhnya siap. Saat usia 30th keatas oragan-organ yang mendukung kehamilan mungkin sudah kekurangan daya untuk hamil. Sehingga keduanya bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Begitu juga untuk anak yang terlalu banyak atau jarak hamil yang terlalu dekat. Tubuh bunda perlu mempersiapkan diri untuk menyuplai nutrisi, dan bahkan oragan-organ yang mendukung kehamilan belum sepenuhnya kuat. Karena mereka juga memerlukan waktu untuk regenerasi dari kehamilan sebelumnya. Apalagi jika bunda telah mengalami persalinan secara.
Yang terakhir dan terkadang disepelekan adalah persiapan dana. Bunda pasti tau dong jaman sekarang semuanya serba mahal. Apa lagi yang berurusan dengan kesehatan. Maka untuk persiapan kehamilan ini bunda juga perlu menyisihkan uang. Simpelnya bunda dapat mengikuti asuransi kesehatan yang mendukung kehamilan. Biasanya mereka akan menanggung semua biaya persalinan bahkan saat kontrol kehamilan bunda. Jika tidak maka bunda harus menganggarkan secara kontinu berapa uang yang harus disimpan. Sehingga saat bersalin tidak akan mengalami keteteran

No comments:

Post a Comment