Friday, September 16, 2016

Apakah Aku Hamil

APAKAH AKU HAMIL
Bunda pernahkah bertanya seperti itu, namun masih belum berani menggunakan tespack untuk mengeceknya? Sebenarnya adakah tanda-tanda lain yang bisa dipakai sebagai tolak ukur bunda hamil.
Sebenarnya untuk melihat pasti bunda hamil atau tidak adalah menggunakan testpack. Namun jika bunda belum yakin mari kita lihat tanda-tanda tidak pasti lainnya dan beberapa hal lainnya
Yang pertama. Kapan kah bunda terakhir menstruasi? Sudah satu bulan yang lalu kah. Lalu apakah setelah menstruasi selai dalam kurun waktu terlambat bulan akah bunda sudah berhubungan? Jika ya mari kita simpan satu
Apakah bunda mengalami mual muntah berlebihan? Dalam usia kemahiran muda biasnya trimester pertama, bunda akan mengalami mual muntah atau disebut "morning sickness". Mual muntah ini bisa terjadi saat pagi hari atau beberapa orang juga mengalaminya di sore hari. Bahkan bila bunda mencium aroma tertentu yang tadinya biasa saja lalu menjadi lebih sensitiv kemudian timbul mual tau muntah. Dalam keadaan ekstrim bunda bahkan bisa tidak bisa minum atau makan makanan sama sekali. Dan disebut "hiperemesis gravidarum"
Apakah bunda sering kencing? Pada awal kehamilan, rahim yang mulai membesar maka akan menekan kantong urin yang sama tempatnya yaitu di panggul. Karena rahim membesar maka ruang di panggung untuk kantung urin akan semakin sempit. Sehingga kantong urin tidak dapat lagi menampung urin seperti biasanya dan menyebabkan bunda sering pipis.
Ke empat. Pada awal kehamilan biasnya payudara akan mengeras. Biasanya wanita juga sebelum datang bulan akan mengalaminya. Namun segera hilang setelah menstruasi. Namun yang terjadi pada bunda saat ini adalah payudara tetap membesar dan kencang bahkan beberapa orang mengalami kesakitan karenanya. Dan mereka tidak bisa lagi menggunakan penyangga payudara yang kencang. Ini terjadi karena payudara bunda terutama bagian kelenjar yang menghasilkan ASI mulai membesar.
Terjadi perubahan kulit pada tubuh. Perubahan kulit ini biasanya bermacam-macam. Diantaranya hiperpigmentasi pad kulit. Hiperpigmentasi adalah perubahan warna kulit bisa pada seluruh tubuh atau terdapat bercak-bercak pigmen pada kulit. Areola atau daerah hitam di puting semakin membesar. Mulai nampak garis berwarna putih pink keinginan di sekitar perut dan terdapat garis hitam lurus yang ditarik dari pusat hingga ke pubis.
Bunda mulai mengalami konstipasi. Tidak semua orang mengalaminya memang. Namun pada beberapa orang mengalami kesulitan untuk kebelakang. Semua itu karena pengaruh hormon yang menyebabkan tonus otot menurun.
Terdapatnya perkembangan jaringan pada gusi atau disebut epulis gravidarum. Dalam kehamilan ini adalah hal yang wajar karena pengaruh hormon. Epulis akan hilang setelah usia kehamilan 9 bulan atau setelah melahirkan
Nah bunda apakah terdapat lebih dari satu tanda diatasi ada yang bunda alami? Jika ada segera ambil test pack dan segera beritahukan pada orang tercinta bunda.

No comments:

Post a Comment