Sunday, September 18, 2016

Makanan Super (Superfoods) Untuk Melawan Kolesterol Jahat


Kolesterol yang terlalu tinggi dalam tubuh, tentunya tidak baik untuk kesehatan. Kolesterol yang banyak ini nantinya dapat menyumbat aliran darah, sehingga menyebabkan berbagai masalah jantung dan juga stroke.
Lalu, bagaimana cara menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita?

Ada banyak cara dalam menjaga kadar kolesterol, seperti dengan olahraga secara teratur, menjaga gaya hidup yang sehat, dan makan makanan yang baik untuk jantung.

Terdapat makanan super atau superfoods yang dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh, sekaligus menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Makanan tersebut mengandung senyawa-senyawa yang memang dikenal dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat, yaitu lemak tak jenuh, asam lemak omega-3, dan serat larut.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat menurunkan kolesterol jahat :

Teh Hijau
Teh hijau dikenal sebagai minuman yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dengan secangkir teh hijau yang baru diseduh, menurut penelitian, ini dapat menurunkan kolesterol secara efektif.

Almond
Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi almond setiap hari, dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

Ikan Salmon
Kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan salmon mampu mengurangi tingkat kolesterol jahat. Disebutkan pula bahwa protein dalam ikan salmon mempunyai peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol.

Alpukat
Lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat sangat baik untuk kesehatan, terutama dalam menurunkan kolesterol.

Minyak Zaitun
Beberapa penelitian menyatakan bahwa tingginya kandungan lemak tak jenuh dalam minyak zaitun dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat secara signifikan.

Orange Juice
Orange juice ternyata juga bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin C yang terkandung di dalamnya.
 


Photo by :


No comments:

Post a Comment