Wednesday, September 21, 2016

Vaksin HPV Pada Anak Bisa Cegah Kanker Serviks


Kanker Serviks menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh kaum wanita. Terhitung tidak sedikit wanita yang meninggal akibat kanker yang disebabkan oleh HPV (Human Papillomavirus) ini. Virus HPV sendiri dapat menular melalui hubungan seksual.

Kabar baiknya, kanker serviks ini sebenarnya dapat dicegah sejak usia dini. Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, mengatakan bahwa Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan untuk dilakukan vaksinasi HPV saat berusia 10 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, kondisi kekebalan tubuh manusia dalam keadaan prima, sehingga vaksin HPV akan memberikan pencegahan yang sangat bagus.

Untuk anak, vaksin HPV diberikan dalam dosis. Dosis kedua diberikan satu tahun setelah pemberian dosis pertama. Dengan pemberian vaksin HPV sejak dini, anak pun dapat terbebas dari ancaman kanker serviks dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus HPV ini, seperti kanker anus, penis, vulva, hingga kutil kelamin.

Diharapkan, vaksin HPV ini bisa menjadi salah satu vaksin rutin dan masuk dalam program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah), sehingga kedepannya Indonesia pun bisa terbebas dari kanker serviks.
 


Photo by :

No comments:

Post a Comment