Saturday, September 17, 2016

Tidur Siang Lebih Dari 1 jam, Hati-Hati Diabetes


Tidur adalah hal yang paling disenangi oleh banyak orang. Dengan tidur pun akan membuat tubuh kita kembali bugar dan sehat. Nah, tapi bagaimana jadinya apabila tidur kita berlebihan? Terutama, apabila tidur siang lebih dari satu jam.

Ternyata, menurut penelitian terbaru, tidur siang lebih dari satu jam memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan. Para ahli menemukan bahwa tidur siang lebih dari satu jam dapat meningkatkan resiko terjadinya diabetes sebesar 45%, juga obesitas hingga serangan jantung.

Menurut salah seorang dokter metabolik di Universitas Glasgow, Prof. Naveed Sattar, mengatakan bahwa terdapat hubungan yang erat antara tidur siang dengan kesehatan khususnya diabetes. Semakin lama tidur siang yang dilakukan, semakin tinggi resiko diabetes dan hal berbahaya lainnya.

Ditemukan hampir 90% kasus diabetes terjadi pada orang-orang yang kelebihan berat badan, orang-orang yang memiliki gerak kurang (pasif), dan orang-orang yang banyak menggunakan waktu siangnya untuk tidur.
Seorang ahli mengatakan, "Beberapa orang tidak mendapatkan tidur cukup saat malam dan ia akan mengganti tidurnya di waktu siang. Hal ini bisa saja terlihat baik-baik saja. Tapi, ini justru bukanlah hal yang baik. Ini sangat berbahaya buat kesehatan. Idealnya, tubuh akan istirahat dan membutuhkan tidur saat malam. Sementara saat siang, ia membutuhkan aktivitas agar ia tetap selalu sehat."
 


Photo by :


No comments:

Post a Comment