Tuesday, September 20, 2016

Kehamilan Minggu ke dua

Diambil dari judul Your pregnancy: 2 weeks

Bagaimana Bayi Tumbuh
Mungkin saat ini anda belum hamil, namun bisa jadi saat ini anda sedang mengalami ovulasi yang bisa menjadi seorang bayi jika dibuahi  oleh sperma pasangan Anda.
Dalam beberapa Minggu setelah Anda selesai menstruasi, maka tubuh Anda akan mengalami peningkatan esterogen dan progesteron yang menyebabkan terjadinya penebalan dinding rahim yang merupakan persiapan jika ada sel telur yang berpotensial berkembang. Di waktu yang bersamaan di ovarium Anda, telur mulai matang yang berbentuk cairan dan dibungkus oleh selubung dan disebut folicel. 
Siklus menstruasi berkisar antar 14 sampai 28 hari. Pada awal-awal Minggu ini anda akan mengalami ovulasi. Ovulasi adalah waktu dimana sel telur keluar dari indung telur dan berjalan menuju tuba falopii. 
Dalam waktu sekitar 12 atau dua puluh empat jam ke depan, telur akan di buahi oleh salah satu dari  kurang lebih 250 milliar sel sperma yang di keluarkan oleh pasangan Anda. Mereka akan berlomba untuk berenang melewati vagina, servik, melewati uterus dan menuju ke tuba falopii dan melakukan penetrasi pada sel telur. Dalam waktu 10 jam kemudian hanya akan ada 400 buah sperma yang bisa berenang menuju sel telur dan hanya ada satu sperma saja yang dapat melakukan penetrasi pada sel telur. Jika sperma mengandung kromosom Y maka bayi akan berjenis kelamin laki-laki. Dan jika sel telur mengandung kromosom X maka bayi akan berjenis kelamin perempuan. 
Telur yang telah dibuahi tersebut sekarang disebut sebagai zygot, dimana ia memiliki 16 inti sel. Tiga atau empat hari kemudian, zyhot akan meninggalkan tuba falopii dan menuju rahim. Setelah mencapai rahim maka ia menjadi Morula. Dua hari kudian Morula akan memendamkan dirinya ke dalam dinding rahim, dan dimulailah sebuah perkembangan yang menakjubkan.
Saat ini calon bayi anda berbentuk sel kecil menyerupai bola yang disebut oleh para ilmuan sebagai blastosit. Inti selnya akan menjadi calon jabang bayi, cairan yang menyelubungi nya akan menjadi cairan amnion, dan jaringan yang di luarnya akan menjadi plasenta, dan kemudian terdapat jaringan yang menghubungkan antar janin dan plasenta, dimana jaringan tersebut berperan sebagai penghantar oksigen serta oksigen yang dibutuhkan janin dan akan membuang zat-zat yang tidak diperlukan janin.

Bagaimana kehidupan mulai berubah

Setelah satu atau dua Minggu dari hari menstruasi anda, Anda akan atau sedang mengalami ovulasi. Dan bisa jadi dua Minggu kemudian jika Anda telah dibuahi, maka Anda akan bisa mendapati tes hamil anda positif.
Kebanyakan janin akan lahir setalah usia kehamilan 38 Minggu. Akan tetapi sangat sulit menentukan kapan terjadinya pembuahan, maka ahli kesehatan anda mungkin akan menghitungnya menjadi 40 Minggu yang dihitung dari hari pertama menstruasi Anda. Dan karena terdapat perbedaan panjang pendeknya siklus haid maka untuk memastikan usia kehamilan, biasanya dilakukan USG.
Banyak hal dapat terjadi setelah masa ovulasi dan waktu seperti ini lah yang sangat penting. Untuk memperbesar kemungkinan hamil sangat dianjurkan untuk melakukan hubungan dalam kurun waktu 48 jam sebelum ovulasi dan saat ovulasi. Ini adalah usaha untuk mengakomodir usia sperma yaitu dua atau tiga hari, sedangkan usia sel telur hanya 24 jam setelah ovulasi. Luangkanlah waktu Anda dan pasangan anda untuk berhubungan.
Sebelum anda dan pasangan naik ketempat tidur, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Anda harus dapat memperkirakan kapan waktu ovulasi Anda, ini untuk membantu Anda mencari waktu yang tepat agar kesempatan hamil semakin besar. Dan ini juga menjadi tolak ukur kapan saja Anda bisa hamil. Mungkin beberapa pasangan memerlukan beberapa waktu sampai mereka yakin kapan dapatengumumkan kehamilannya. 
Yang terakhir namun bukan yang paling akhir, adalah mempersiapkan diri Anda dengan beberapa kali sesi pertemuan dengan ahli kesehatan anda. Sehingga Anda dapat memastikan apakah tubuh Anda siap untuk hamil. Hal-hal lain yang perlu Anda konsultasikan adalah seperti berhenti merokok, berhenti minum-minuman beralkohol dan juga berhentiemggunakan obat-obatan terlarang. Dan jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, Anda dapat bertanya apakah Anda bisa berhenti atau tetap menggunakan obat tersebut.
"
Jika Anda ingin hamil, lakukanlah hubungan badan yang menyenangkan. Kami bahkan merasa hubungan badan itu seharusnya bukan hal yang menyakitkan. Maka lakukanlah hal-hal romantis seperti makan malam, kamar tidur dengan taburab bunga, Dan temaram cahaya lilin di sekitar kamar. Bukan kah itu menyenangkan, siapa yang tau? Mungkin sesudahnya Anda akan mendapati diri bahwa Anda hamil.
"
By : Trish

Posisi terbaik untuk mendapatkan bayi

Sebenarnya tidak ada posisi tertentu yang di haruskan jika ingin hamil. Mungkin Anda pernah mendengar posisi yang membuat penetrasi sperma lebih dekat dengan serviks, seperti misionaris (laki - laki diatasi) dikatakan sangat menjanjikan. Tetapi tidak ada literatur yang mendukung hal tersebut.
Waktu yang tepat, serta sebuah keberuntungan, adalah hal yang menentukan. Untuk mendukung kemungkinan terjadinya pembuahan, melakukan hubungan dua hari sebelum dan saat ovulasi adalah hal yang paling mendukung pembuhan.
Apakah Orgasme Membantu Mempercepat Pembuhan?
Beberapa orang berfikir jika seorang wanita orgasme setelah atau bersamaan dengan pria orgasme maka pembuahan akan lebih mudah, namun hal ini juga tidak ada dasar yang mendukungnya.
Dengan orgasmenya seorang wanita itu tidak menandakan terjadinya pembuahan, akan tetapi hal ini mempermudah sperma mencapai tuba falopii.

Haruskah saya tetap berbaring?
Tidak ada dasar yang menganjurkan hal tersebut, dan ini juga tidak ada salahnya dicoba. Berbaring selama 15 menit setelah berhubungan membantu sperma mengalir ke dalam vagina. Dan tentu saja, karena jumlah sperma yang keluar bisa mencapai 250 milliar sperma maka tetap saja akan ada sperma yang mengalir keluar dari vagina saat Anda berdiri.
Akan tetapi jika setelah 1 tahun pernikahan atau lebih, Anda belum juga hamil ( atau dalam tiga sampai enam bulan jika Anda berusia lebih dari 35 tahun), sebaiknya Anda segera bertemu dengan spesialis infertilitas.

Kebutuhan Vitamin Selama Kehamilan
Jika Anda merasa belum siap, sekarang adalah waktunya Anda minum vitamin untuk persiapan kehamilan. Pastikan Anda mengkonsumsi asam folat minimal 400mg perharinya untuk mencegah kecacatan pada bayi. Agar Anda tak lupa, letakkan asam folat di tempat anda sering melihatnya seperti dekat sikat gigi anda atau tempat lain yang memungkinkan Anda meminumnya saat bangun atau sebelum tidur.

No comments:

Post a Comment