Saturday, December 10, 2016

BATUK KRONIS

Sering batuk-batuk tapi tidak merasakan sakit dan tidak merokok, jangan menganggapnya itu sekedar kebiasaan yang menjengkelkan.


Batuk terus-menerus adalah reaksi yang umum terhadap zat penghambat ACE (enzim pengubah angiotensin), sejenis obat tekanan darah. Dan batuk terus menerus juga bisa menjadi tanda adanya postnatal drip (pengeluaran lendir dari bagian belakang hidung), alergi, asma, atau GERD.


Yang lebih penting , itu bisa menandakan adanya chronic obstructive pulmonary disease (COPD), sebuah gangguan paru-paru yang melemahkan dan berpotensi mematikan dimana aliran udara ke dan dari paru-paru terganggu. Ada dua jenis COPD yang utama : bronkitis kronis dan emfisema. COPD menyerang kurang-lebih 28 juta  otang di Amerika Serikat saja; separuhnya tidak terdiagnosa. Walaupun CPOD tidak bisa disembuhkan, pengobatan yang dilakukan mungkin membantu meredakan beberapa gejalanya, mencegah komplikasi, dan memperpanjang usia.


Tentu saja apabila merokok atau hidup dengan seorang perokok ada kemungkinan batuknya bukan saja menjadi tanda peringatan adanya CPOD melainkan juga kanker paru-paru atau tenggorokan. Merokok adalah penyebab utama seluruh kondisi ini. Sayangnya, batuk yang sering bisa menjadi tanda adanya CPOD dan kanker, sekalipun anda tidak pernah menyentuh rokok seumur hidup.

 

Sumber :

Oleh   : Lia

Dikutip dari : (Joan Lebmann-Smith, Ph. D dan Jacqueline Nardi Egan, 2008 :153-154).


Photo by :

http://obatginjalherbal.com/wp-content/uploads/2015/06/Bronkitis1.jpg

No comments:

Post a Comment