Saturday, December 24, 2016

GEJALA KLINIS SUARA SERAK

Apakah suara anda sering terdengar kasar ketika anda mencoba berbicara? Suara serak pada seorang laki-laki atau bahkan perempuan bisa kedengaran seksi. Tetapi sebagian dari kita merasa suara yang serak atau kasar itu menjengkelkan untuk di dengar.

 

Suara yang kadang-kadang serak (secara medis sering dikenal laringitis) biasanya hanya sekedar tanda pilek, alaergi, dan post natal drip. Tetapi suara serak juga mungkin menandakan adanya infeksi saluran pernafasan yang lebih serius. Dan suara yang serak mungkin merupakan peringatan bahwa anda selama ini telah memaksakan suara anda atau tepatnya, pita suara anda (atau lipatan suara). Walaupun menjerit dan berteriak adalah penyebab utama laringitis.berbisik dan berdehem berulang kali juga bisa menjadi penyebabnya.

 

Jika lebih dari dua minggu suara serak anda tidak kunjung hilang, mungkin tanda salah satu dari jenis refluks, bisa gastroesophageal reflukx disease (GERD) atau reflux laringitis, alias laringophangeal reflux (LPR). Dalam GERD, asam lambung kembali ke esofagus, sedangkan dalam LPR, asam lambung kembali ke tenggorokan. Suara serak di pagi hari terutama diiringi rasa nyeri seperti terbakar di dada dan mual, bisa jadi tanda kedua tipe refluks tersebut. Tanda-tanda lainya termasuk rasa pahit, sensasi panas, atau perasaan ada sesuatu yang tersangkut di tenggorokan.

 

Tanpa pengobatan, refluks bisa menyebabkan sinus dan infeksi telinga, lesi tenggorokan, dan esofagus barret, sebuah tukak peptik di bagian esofagus bawah, yang bisa menjadi kanker esofagus.

 

Suara yang dalam dan kasar, terutama pada perempuan, seringkali menandakan bahwa dia perokok berat, sekarang atau di masa lalu.. merokok dapat menyebabkan pita suara menebal sehingga menimbulkan ciri khas "suara perokok".

 

Suara perokok sering menjadi tanda edema reinke, sebuah pembengkakan pita suara yang jarang terlihat pada nonperokok. Sayangnya, tanda ini sering tidak diindahkan pada lelaki karena bukan hal aneh mereka punya suara yang dalam. Padahal itu petunjuk jelas bahwa merokok sudah menyebabkan kerusakan parah.

Suara yang sangat serak bisa menjadi bukti ketidakseimbangan hormon pada kedua jenis kelamin. Pada perempuan itu mungkin menandakan sebuah gangguan hormon yang disebut maskulinisasi. Dimana tingkat hormon lelaki androgen yang dimilikinya tinggi. Suara serak juga mungkin reaksi terhadap terapi radiasi dan juga beberapa jenis obat. Yang paling umum adalah obat pengencer darah, antihipertensi, antihistamin, steroid, obat asma, antidepresan, diuretik, dan vitamin C dosis tinggi.

 

Suara serak juga mungkin menandakan anemia defisiensi besi, dan juga sejumlah kondisi autoimun yang serius termasuk myasthenia gravis, artritis rematoid, sindrom sjogren, dan sarkoidosis. Dan suara serak di pagi hari adalah salah satu tanda hipotiroidisme yang umum. Suara serak kronis juga bisa menjadi tanda peringatan adanya benjolan yang jinak atau ganas di pita suara, tenggorokan, mulut, atau leher. Walaupun benjolan ini lebih umum terjadi pada perokok, nonperokok juga bisa mendapatkanya.

 

Sumber :

Oleh   : Lia

Dikutip dari : (Joan Lebmann-Smith, Ph. D dan Jacqueline Nardi Egan, 2008 : 155-158).


Photo by:

http://www.hidupseimbangku.com/upload/article/Mengatasi-suara-serak.jpg

No comments:

Post a Comment