Saturday, December 24, 2016

PROSES ALAMIAH MENOPAUSE

 

Pada tahapan paruh baya, selain mengalami proses menua, wanita juga mengalami keadaan khusus yaitu menopause. Masa-masa sebelum dan setelah menopause disebut masa klimakterium. Pada masa inilah terjadi perubahan pada metabolisme, fisik tubuh dan psikis kejiwaan, yang dapat menimbulkan dampak sosial.

Menopause adalah proses alamiah dari penuaan, yaitu ketika wanita idak lagi mendapatkan haid selama 1 tahun. Penyebab berhentinya haid karena indung telur tidak lagi memproduksi hormon esteroen dan progesteron. Itulah sebabnya menopause diawali dengan perubahan pola haid. Haid menjadi tidak teratur, semakin jarang dan akhirnya berhenti.

Saat berhenti haid itu disebut menopause, tetapi batasn kapan berhentinya haid itu tidak pasti, sehingga disimpulkan wanita dikatakan menopause bila setahun tidak mendapatkan haid.

Rata-rata wanita mengalami menopause pada usia 50 tahun. Pada wanita muda bisa saja terjadi,yaitu pada wanita yang menjalani operasi pengangkatan indung telur.

KELUHAN FISIOLOGIS SAAT MENOPAUSE

Beberapa keluhan yang biasanya muncul pada wanita yang memasuki masa menopase antara lain : semburat panas (hot flush), keringat malam hari, dan atau smeburat dingin dan kulit lembab, berdebar-debar, mudah marah, gangguan mood (suasana hati), sulit tidur, haid tidak teratur.

Gangguan fungsi seksual (tidak nyaman atau nyeri saat berhubungan intim), kekerinagn vagina, terasa lelah, gelisah, sulit konsentrasi, mudah lupa, sering tidak dapat menahan kencing, gatal, nyeri otot dan sendi, kram, peyudara lembek, migren, keluhan lambung, kembung, nyeri ulu hati, mual dan depresi.


Sumber :

Lia Dikutip dari :  (dr. Avie Andriyani, 2012 :125)

 

Photo by:

http://media.mbigroup.co.id/files/thumb/6fb83e65d4e7143af2064cf4f4d17792.jpg/700

No comments:

Post a Comment