Saturday, December 24, 2016

PUTING MEREMBES

Jika anda pernah memberikan ASI, anda pasti tahu benar bahwa peyudara merembes adalah tanda bahwa bayi perlu disusui atau bahwa anda harus memompa air susu anda segera. Jika puting merembes pada ibu baru adalah tanda sehat keluarnya air susu, maka pada orang-orang lain keluarnya cairan paling banter akan mengagetkan mereka dan paling buruk itu menandakan adanya beberapa kondisi serius.

 

Jenis pengeluaran cairan puting, entah keluar dari satu atau kedua payudara. Dan keluar dari puting bagian mana, semuanya merupakan petunjuk terhadap signifikansi tanda tersebut. Secara medis, rembesan dari puting digolongkan sebagai air susu atau non susu.

 

Jika rembesan air susu jelas tampak seperti susu, rembesan air non susu bisa jadi bening, kuning, kekuningan, hijau, cokelat, mrah muda atau merah terang. Rumitnya lagi, jenis-jenis cairan yang berbeda mungkin muncul dalam beberapa gangguan payudara. Secara umum, pengeluaran cairan puting dianggap patologis (disebabkan oleh suatu penyakit) jika muncul dengan sendirinya, hanya berasal dari satu saluran susu, terjadi berulang kali, atau berdarah.

Walaupun jarang terjadi, beberapa perempuan yang pernah ditindik dibagian putingnya pernah mengalami produksi dan perembesan air susu.

 

Dari seluruh perempuan yang pernah keluar cairan abnormaldari putingnya, kurang dari 10 persen sebenarnya terkena kanker payudara. Namun, semakin tua usia seorang perempuan, semakin mungkin pengeluaran cairan dari putingnya itu akan menjadi satu-satunya tanda kanker payudara padanya.

 

Sumber :

Oleh   : Lia

Dikutip dari : (Joan Lebmann-Smith, Ph. D dan Jacqueline Nardi Egan, 2008 : 177-179).


Photo by:

http://niceforkids.com/userfiles/raoul_troouble%281%29.jpg

No comments:

Post a Comment