Saturday, December 24, 2016

PERUBAHAN BERAT BADAN SECARA MENDADAK ATAU TIDAK JELAS

Melihat angka-angka di timbangan kita menurun mungkin menjadi tanda keberhasilan yang menyenangkan dalam pertarungan kita melawan pembengkakan tubuh. Tetapi setiap perubahan berat badan secara mendadak dan tidak disengaja naik maupun turun sudah pasti bahwa ada sesuatu yang salah.

 

Tentu saja, turunnya berat badan secara kilat dan terjadi begitu saja bisa menandakan gangguan makan, seperti anoreksia atau bumilia. Tetapi turunya berat badan tanpa disengaja, dengan atau tanpa kehilangan selera makan, bisa mengarah pada depresi, diabetes, hipertiroidisme, gagal jantung, gangguan nutrisi, atau kanker.

 

Dan penurunan berat badan secara mendadak mungkin merupakan reaksi terhadap beberapa obat-obatan baik obat resep maupun narkoba termasuk antidepresan dan amfetamin. Jika seseorang yang sudah tua turun berat badanya secara mendadak, itu mungkin tanda adanya demensia. Meskipun normal bagi lansia kehilangan berat badan seiring bertambahnya usia biasanya kurang dari setengah kilogram sehari, kehilangan lebih daripada itu ternyata menandakan serangan gangguan saraf yang akan datang.

 

Kita semua mungkin pernah mengalami kenaikan berat badan, terutama sekitar masa liburan. Ini biasanya suatu tanda yang idak berbahaya atas kurangnya kontrol di sekitar meja makan. Tetapi berat badan yang naik tiba-tiba juga bisa menandakanbebrapa masalah sistemis yang serius dan tiak terlalu serius.

 

Kenaikan berat badan dalam satu-dua hari mungkin disebabkan oleh tertahanya cairan (edema). Banyak perempuan memerhatikan bahwa kedua payudara dan perut mereka membengkak karena menahan air tepat sebelum masa menstruasi. Tetapi tertahanya cairan juga bisa menandakan gagal jantung, edema yang berhubungan dengan penyakit jantung juga bisa terbentuk disekitar perut.

 

Jika berat badan anda pernah naik berkilo-kilo dan kemudian turun drasti tanpa mengubah kebiasaan makan anda, itu mungkin menandakan sejumlah masalah fisik atau psikologi. Misalnya, berat badan yang turun-naik bisa menjadi petunjuk bahwa anda mengalami gangguan troid.

 

Sumber :

Oleh   : Lia

Dikutip dari : (Joan Lebmann-Smith, Ph. D dan Jacqueline Nardi Egan, 2008 : 182-183).


Photo by:

https://cauchymurtopo.files.wordpress.com/2013/12/berat-badan-airinanuar-com.jpg?w=620

No comments:

Post a Comment