Saturday, December 10, 2016

HAL YANG PERLU DIHINDARI KETIKA HAMIL

Ada kalanya bunda tidak dapat meninggalkan beberapa aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan sebelum hamil, seperti pekerjaan rumah tangga harian. Aktivitas ini memang sulit dihindari.


Sebagian ibu bahkan mengakui memiliki keinginan untuk membersihkan rumah dan merapikan barang-barang semakin kuat. Kegiatan-kegiatan tersebut semacam ekspresi kebahagiaan menyambut si kecil.

Bunda boleh melakukan kebiasaan apapun dirumah, asal tetap memperhatikan hal-hal berikut :

1.       Menghindari mengangkat beban berat

Jangan mengangkat benda-benda yang berat. Tidak dianjurkan untuk memindahkan perabotan rumah tangga yang besar, mengangkat barang belanjaan, atau menggendong anak. Pekerjaan ini membuat bunda tegang dan mengganggu kenyamanan janin di dalam rahim.

2.      Menyemprot obat kimia

Hindari melakukan kegiatan penyemprotan obat pembasmi serangga, pupuk kimia, atau zat kimia lain. Saat bunda bernafas, bahan kimia dalam obat yang bersifat racun itu akan masuk ke dalam pembuluh darah kemudian menuju janin. Hal ini dapat mengakibatkan bunda dan janin terancam keracunan.

3.      Selektif memilih parfum dan pembersih

Pengharum ruangan dan pembersih lantai menggunakan zat kimia. Zat kimia dalam jumlah kecil dianggap aman, tetapi dalam jumlah besar tidak berbeda dengan polutan yang dapat mengganggu perkembangan janin.

4.      Binatang peliharaan

Bunda harus memilih salah satu, janin bunda atau hewan peliharaan. Dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengurangi aktivitas perawatan hewan peliharaan karena hewanpeliharaan tersebut dapat terinfeksi tosoplasmosis berasal. Infeksi ini sangat berbahaya bagi ibu hamil terutama pada awal-awal kehamilan karena bisa menyebabkan masalah serius pada janin, seperti kerusakan otak dan syaraf.


Sumber :

Oleh : Lia

Dikutip dari : (Deri Rizki Anggarani, S. Gz dan Yazid Subakti,  2013 : 94-95)


Photo By :

http://hamil.co.id/wp-content/uploads/2015/03/larangan-ibu-hamil-memelihara-binatang.jpg

No comments:

Post a Comment