Saturday, December 24, 2016

POLA MAKAN SEHAT KETIKA MENOPAUSE

 

Pada tahapan penuaan atau menopause sangat diperlukan mengatur pola makan agar terpenuhi semua kebutuhan gizi di dalam tubuh. Pola makan yang dianjurkan adalah gizi seimbang dengan frekuensi makan 3 kali makan uama besar dan 2-3 kali makan selingan (kecil). Frekuensi makan yang sering mempunyai tujuan agar tidak terjadi kelaparan pada saat tertentu dan kekenyangan di saat lain.

Makan yang tidak teratur juga akan memicu keluhan sakit lambung atau lebih dikenal dengan sakit maag. Porsi makan atau jumlah makanan yang dimakan untuk masing-masing orang tidak bisa disamakan, karena kebutuhan kalori seseorang dipengaruhi hal-hal seperti tinggi badan, berat badan, aktivitas, dan penyakit yang diderita.

Mengkonsumsi bermacam-macam jenis bahan makanan mempunyai manfaat yang sangat besar, karena tubuh akan mendapatkan bermacam-macam zat gizi, dan sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bervariasi. Selain itu mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup.

Makanan yang perlu dibatasi antara lain makanna berlemak tinggi, makanan dan minuman berkadar gula tinggi, gorengan, garam dan protein yang berlebih, minuman berkafein (contohnya kopi dan teh).

Makanan yang dianjurkan unuk dikonsumsi antara lain makanan yang banyak mengandung  vitamin A,C dan E yang berkhasiat sebagai antioksidant, dapat dijumpai pada bahan makanan alami amupun suplemen.

Vitamin A banyak terdapat pada kuning telur, hati, susu, mentega, sayuran warna hijau, tomat, kol, dan selada. Vitamin C terdapat pada buah segar berwarna kuning atau  merah, sepperti jambu  biji, jeruk, tomat, dan anggur serta sayuran hijau seperti brokoli dan bayam. Vitamin E banyak terdapat pada kacang-kacangan, sayuran dan buah.

Suplemen antioksidant tidak harus dikonsumsi bila tubuh dapat memenuhi kebutuhan dari makanan sehari-hari dan mengurangi pajanan radikal bebas (polusi udara, asap rokok, radiasi TV dan komputer, bahan-bahan kimia serta kesibukan hidup yang tinggi).


Sumber :

Lia Dikutip dari :  (dr. Avie Andriyani, 2012 : 126-127)


Photo by:

http://gejalamenopause.com/wp-content/uploads/2012/10/Gejala-Menopause-Pada-Wanita.jpg 

No comments:

Post a Comment