Friday, December 23, 2016

PENGELUARAN CAIRAN NON SUSU

Pengeluaran cairan puting yang kehijauan atau gelap, kental, dan lengket mungkin menandakan saluran susu yang tersumbat atau meradang, kondisi yang tidak berbahaya namun tidak menyenangkan yang disebut mammary duct ectasia.


Pengeluaran bisa berasal dari satu atau lebih saluran mungil yang menuju ke puting. Tetapi pengeluaran yang mirip nanah dan berbau tidak
enak mungkin menandakan infeksi payudara secara medis dikenal sebagai mastitis. Dan pengeluaran berwarna merah terang mirip darah dari hanya satu saluran di puting adalah tanda klasik adanya pertumbuhan yang tidak berhubungan dengan kanker yang disebut intraductual papilloma.


Pengeluaran yang kemerahan, terutama dari hanya satu saluran susu, mungkin tanda bahaya untuk dua bentuk kanker payudara, penyakit payudara paget dan ductal carcinoma in situ. Akhirnya, berdarah atau tidaak, pengeluaran cairan puting dari beberapa saluran susu adalah tanda umum adanya perubahan fibrokistik atau kondisi-kondisi payudara yang idak berbahaya lainya.


Pengeluaran spontan dari satu saluran yang mungkin atau mungkin tidak tampak berdarahadalah ciri khas intraductal papilloma, sebuah pertumbuhan yang tidak bersifat kanker di saluran susu. Walaupun biasanya tidak kelihatan, beberapa perempuan menjelaskan mereka melihat benjolan kecil mirip kutil di belakang atau di dekat bagian pinggir puting. Beberapa benjolan mungkin muncul pada salah satu atau kedua payudara. Yang menarik, perempuan muda cenderung punya banyak benjolan, sedangkan perempuan yang lebih tua biasanya hanya punya satu.

 

Sumber :

Oleh   : Lia

Dikutip dari : (Joan Lebmann-Smith, Ph. D dan Jacqueline Nardi Egan, 2008 : Hal 179-180).


Photo by:

http://bundanet.com/wp-content/uploads/2015/09/raoul_troouble1-300x156-300x156.jpg

 

No comments:

Post a Comment